Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Trik Membersihkan Panci Gosong dengan Mudah dan Cepat

Kompas.com - 10/04/2022, 21:30 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Trik membersihkan panci gosong tentu dibutuhkan oleh masyarakat yang ingin membuat panci di dapurnya kembali bersih setelah memasak.

Pasalnya, banyak orang kesulitan membersihkan noda gosong di panci, terutama yang telah mengerak bahkan mengikis lapisan atas panci.

Tak sedikit orang yang memutuskan untuk membuang panci yang memiliki noda gosong dan membeli alat masak yang baru.

Padahal, dilansir dari The Kitchn melalui KOMPAS.com, ada beberapa bahan sederhana yang bisa dimanfaatkan untuk membersihkan panci gosong.

Hasilnya mungkin akan berbeda, bergantung tingkat kegosongan panci dan noda yang menempel.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Kuning Sisa Deodoran pada Pakaian Putih

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Sabtu (2/4/2022), berikut ini cara membersihkan panci gosong dengan bahan sederhana secara mudah dan cepat.

1. Air, cuka, dan soda kue

Soda kue dipercaya dapat mengikis lapisan gosong pada bagian belakang panci. Akan tetapi, soda kue juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan bagian dalam panci yang gosong.

Rebus dan didihkan satu cangkir air dan satu cangkir cuka di dalam panci yang akan dibersihkan. Setelah mendidih, matikan api dan tambahkan dua sendok makan soda kue.

Setelah diaduk hingga merata, buang air di dalam panci. Gunakan spons atau sabut cuci piring untuk menggosok bagian dalam panci.

Jika kotoran masih belum bisa terangkat, tambahkan bubuk soda kue dan diamkan selama beberapa menit. Gosok kembali panci hingga semua noda terangkat dan panci kembali bersih.

Baca juga: Cara Membersihkan Debu di Kipas Angin dengan Mudah

2. Lemon rebus

Gunakan lemon dan air untuk membersihkan bagian dalam panci yang gosong. Potong lemon menjadi dua bagian, kemudian masukkan ke dalam panci gosong yang sudah berisi air. Rebus lemon dan air selama 5-10 menit hingga mendidih.

Tunggu hingga kerak makanan yang menempel di panci terlepas dan mengapung. Matikan api dan buang air lemon. Gunakan sabut gosok untuk menghilangkan sisa makanan di dalam panci.

Dengan cara ini, kerak makanan akan lebih mudah hilang saat dicuci menggunakan spons ataupun sabut cuci piring.

3. Aluminium foil

Selain digunakan untuk memasak dan memanggang kue, aluminium foil juga ampuh untuk membersihkan kerak di dalam panci.

Sebelum menggosok panci dengan aluminium foil, tutupi seluruh permukaan gosong dalam panci menggunakan pasta dari bubuk soda kue dan sedikit air.

Remas aluminium foil hingga berbentuk seperti bola scrub, kemudian gosok area yang gosong. Setelah semua noda terangkat, bilas panci dengan air sabun hangat.

(Penulis: Lolita Valda Claudia)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com