Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Adsense Jeda Monetisasi Konten yang Membenarkan Perang Ukraina

Kompas.com - 06/04/2022, 09:26 WIB
Farid Assifa

Penulis

KOMPAS.com - Perusahaan raksasa mesin pencarian Google menjeda monetisasi konten blog atau website yang mengeksploitasi, menyepelekan, atau membenarkan peperangan di Ukraina.

Pengumuman itu disampaikan Google dalam notifikasi ke akun Google Adsense para mitranya di seluruh dunia.

"Karena adanya perang di Ukraina, kami akan menjeda monetisasi konten yang mengeksploitasi, menyepelekan, atau membenarkan perang tersebut," demikian notifikasi Google di Google Adsense berdasarkan pantauan Kompas.com, Rabu (6/4/2022).

Rusia blokir Google News

Semenatara itu di sisi lain, Rusia memblokir Google News karena dianggap konten-konten beritanya tidak bisa dipercaya, terutama terkait militer Rusia dan aktivitas operasi militer Rusia di Ukraina.

Baca juga: Warga Rusia Tak Bisa Lagi Baca Berita dari Google News

"Sumber berita online Amerika yang bersangkutan menyediakan akses ke berbagai publikasi dan materi yang berisi informasi yang tidak autentik dan penting bagi publik tentang jalannya oeprasi militer khusus di wilayah Ikraina," tulis Interfax, kantor berita Rusia yang berbahasa Inggris, dilansir Kompas.com, Jumat (25/3/2022).

Diketahui, Google News adalah agregator berita yang dimiliki Google. Aplikasi ini berisi berita-berita dari situs media online di seluruh dunia.

Sementara itu, Google sendiri membenarkan sejumlah warga Rusia kini kesulitan mengakses berita dari layanan Google News.

"Kami telah mengonfirmasi bahwa beberapa orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan situs web Google News di Rusia dan ini bukan karena masalah teknis di pihak kami," kata Google dalam pernyataannya.

"Kami telah bekerja keras untuk menjaga agar layanan informasi seperti Google News dapat diakses oleh orang-orang di Rusia selama mungkin," lanjut pernyataan Google, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Reuters, Jumat (25/3/2022). (Kompas.com/ Penulis: Galuh Putri Riyanto | Editor: Wahyunanda Kusuma Putri)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com