Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konser Musik Dibolehkan, Sandiaga Uno: Arahan Presiden Atas Permintaan Raisa

Kompas.com - 02/04/2022, 20:05 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Konser musik dan kegiatan ekonomi kreatif lainnya disebut telah boleh kembali digelar menyusul membaiknya kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Senin (28/3/2022), hal tersebut disampaikan pemerintah melalui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno (Sandiaga Uno).

Sandiaga Uno mengatakan, dia mendukung penuh kegiatan konser musik dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Selain itu, Sandiaga menambahkan, para pecinta musik dan seniman Tanah Air yang rindu dengan konser musik selama dua tahun ini sangat besar.

"Minatnya luar biasa besar. Tadi arahan Presiden (Joko Widodo atau Jokowi) kepada kami semua atas permintaan Raisa. Dia ingin menggelar konser tunggal penyanyi perempuan pertama di GBK," kata Sandiaga Uno.

Baca juga: Konser Musik Mulai Boleh Digelar, Sandiaga Uno: Semangat Baru

"Tentunya ini membuka suatu semangat baru," ujar Sandiaga, dalam siaran pers, Minggu (27/3/2022).

Sandiaga Uno menjelaskan, ada syarat yang ditetapkan dan harus dipatuhi jika konser musik kembali diselenggarakan.

Adapun syarat tersebut mencakup penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin, sehingga konser musik juga dapat memberikan ruang kepada para pelaku UMKM yang telah kehilangan lapangan kerja selama dua tahun.

"Arahan Bapak Presiden, konser musik sudah bisa jalan, sedangkan untuk pembatasan penonton nanti kami bicarakan bersama dengan penyelenggara," kata Sandiaga Uno.

"Yang penting sudah vaksinasi lengkap, (vaksinasi) booster lebih baik, dan ini menjadi momentum bagi kita semua untuk dapat menggeliatkan event-event sehingga mampu membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja," imbuhnya.

Baca juga: Sandiaga Uno: Masyarakat Kembali Bebas Beribadah di Bulan Ramadan Asal Menerapkan Prokes

Setelah mendampingi kunjungan Presiden Joko Widodo ke Joyland Festival yang diselenggarakan akhir pekan lalu, Sandiaga menyebut bahwa Jokowi ingin agar kegiatan serupa bisa difasilitasi, namun tetap dengan protokol kesehatan yang ketat.

"Presiden hadir dan memerintahkan kami (Kemenparekraf) dan Polri agar event-event musik dan ekonomi kreatif lainnya difasilitasi, agar mereka mendapat izin dengan satu syarat, protokol kesehatan dan vaksinasi lengkap namun lebih bagus lagi kalau sudah vaksinasi booster," ujar Sandiaga.

Sandiaga mendorong agar penyelenggara kegiatan atau event organizer (EO) dapat kembali secara aktif menyelenggarakan berbagai kegiatan musik maupun kegiatan lainnya, sehingga ekonomi kembali bergerak, peluang usaha pun kembali tercipta.

"Jadi guys, para Event Organizer (EO), tidak ada alasan lagi untuk menunda kegiatan, market-nya sudah menunggu, silakan dimulai, hubungi kami di Kemenparekraf jika ada kesulitan," pungkasnya.

(Penulis: Kiki Safitri | Editor: Erlangga Djumena)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com