Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Ampuh Atasi Masalah Bau Kulkas dengan Baking Soda dan Bubuk Kopi

Kompas.com - 02/04/2022, 11:15 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Kulkas atau lemari es rawan menimbulkan bau tidak sedap karena menyimpan banyak bahan makanan. Mulai dari sayuran, daging, telur, susu, dan bahan-bahan makanan lainnya.

Bau menyengat yang muncul dari kulkas ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa dari sayuran yang mulai membusuk atau bakteri yang sudah menempel di sisi-sisi kulkas akibat pembersihannya yang kurang tepat.

Beberapa hal lainnya yang juga bisa menjadi penyebab kulkas bau adalah:

  • Pintu kulkas yang sering dibuka terlalu lama bisa menimbulkan bau tak sedap. Suhu di dalam kulkas akan naik ketika pintu kulkas terlalu lama dibuka. Akibatnya pembekuan dan pengawetan makanan menjadi tidak maksimal. Selain itu, berbagai bakteri juga rawan masuk ketika kulkas terbuka terlalu lama dan terlalu sering.
  • Menyimpan makanan tidak pada tempatnya yang sesuai. Disarankan menyimpan makanan beraroma menyengat di kulkas dengan menggunakan wadah bertutup rapat. Hal ini bertujuan agar aroma yang kuat tak akan meracuni bahan makanan lain yang ada di kulkas. 

Baca juga: Kulkas Bau? Hilangkan dengan Baking Soda

Cara menghilangkan bau pada kulkas

Untuk mengatasi masalah bau kulkas, Anda mungkin bisa menggunakan penyegar dan pewangi kulkas. Sayangnya, hal tersebut hanya berfungsi untuk menutupi baunya saja buka menghilangkan.

Langkah pertama ketika menemukan masalah bau kulkas adalah membersihkannya. Bersihkan kulkas secara menyeluruh dengan cara mengeluarkan semua makanan di dalamnya.

Ilustrasi membersihkan kulkasSHUTTERSTOCK/Andrew Rafalsky Ilustrasi membersihkan kulkas

Kemudian, pilih makanan yang masih bisa dikonsumsi dan singkirkan makanan yang sudah tidak bisa dimakan atau sudah basi. Makanan basi atau busuk dapat menyebarkan bau tak sedap di dalam kulkas dan melekat pada bagian-bagian di dalam kulkas seperti rak.

Agar lebih efektif dan ampuh, Anda bisa gunakan dua bahan tambahan untuk menghilangkan bau kulkas. Kedua bahan yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah aroma tidak sedap di kulkas adalah baking soda dan ampas kopi.

Baca juga: Kulkas Bau meski Tak Ada Makanan Busuk? Ini 5 Penyebabnya

Menghilangkan bau kulkas dengan baking soda

Baking soda memiliki banyak kegunaan, dari membersihkan perabotan hingga meredakan gatal-gatal kulit.Unsplash/Ben MCleod Baking soda memiliki banyak kegunaan, dari membersihkan perabotan hingga meredakan gatal-gatal kulit.

Baking soda menjadi solusi ampuh untuk mengatasi masalah bau kulkas. Cara menggunakannya juga sederhana, yakni sebagai berikut:

  • Campurkan dua sendok makan baking soda dengan air panas, lalu aduk rata hingga menghasilkan pasta yang kental.
  • Setelah itu, seka bagian dalam kulkas dengan campuran pasta tersebut menggunakan kain.
  • Selanjutnya, bilas dengan kain bersih dan lembap hingga tidak ada sisa campuran baking soda soda.
  • Terakhir, keringkan dengan handuk bersih.

Baking soda memiliki kemampuan menyerap bau apa pun sehingga kulkas bisa bersih dan terbebas dari bau tak sedap. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, gunakan cara ini selama seminggu sekali saat waktu pembersihan kulkas.

Menghilangkan bau kulkas dengan ampas kopi 

Ilustrasi ampas kopi. PEXELS/PIXABAY Ilustrasi ampas kopi.

Selain baking soda, bahan alami yang juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap di kulkas adalah ampas kopi. Seperti halnya baking soda, cara menggunakan ampas kopi ini juga tidak terlalu sulit.

Baca juga: Ampas Kopi Lebih Ampuh Hilangkan Bau Kulkas daripada Baking Soda?

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Tempatkan semangkuk kecil bubuk atau ampas kopi di rak di lemari es, dan kopi akan menyerap baunya, seperti halnya baking soda.
  • Pastikan untuk menggantinya setiap beberapa bulan agar kulkas tetap segar.

Dibandingkan baking soda, penggunaan ampas kopi ini memiliki keunggulan. Hal itu karena ampas kopi akan meninggalkan aroma harum yang khas pada kulkas Anda. Itu karena kopi mengandung nitrogen yang efektif menetralkan bau.

"Jika Anda khawatir tentang memiliki semangkuk bubuk kopi yang terbuka di kulkas, Anda selalu dapat menyimpan bubuk kopi dalam stoking nilon," kata Linda Cobb, penulis Talking Dirty with the Queen of Clean.

(Sumber:Kompas.com/Aniza Pratiwi, Sakina Rakhma Diah Setiawan | Editor: Esra Dopita Maret, Sakina Rakhma Diah Setiawan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com