Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Maksimalkan Imun Tubuh, Upaya Terpenting Terhindar Covid-19

Kompas.com - 30/03/2022, 10:12 WIB
Farid Assifa

Penulis

KOMPAS.com - Cara memaksimalkan imun tubuh agar terhindar dari Covid-10 bisa Anda simak di artikel berikut ini.

Diketahui, awal tahun ini, sebanyak 86,6 persen masyarakat Indonesia akhirnya memiliki antibodi Covid-19.

Antibodi yang dimaksud adalah antibodi yang disebabkan terinfeksi sebelumnya serta antibodi karena vaksinasi Covid-19.

Perkembangan terkait Covid-19 ini tentu perlu disyukuri, namun tetap tidak boleh membuat kita lengah untuk terus menjaga protokol kesehatan agar virus Covid-19 tidak kembali melonjak di tanah air.

Protokol kesehatan paling sederhana yang disarankan untuk tetap dilakukan adalah penggunaan masker, terutama pemakaian masker dalam lingkungan yang dekat dengan penderita.

Baca juga: Bawang Putih, Herbal Super untuk Menguatkan Imun Tubuh

Masker tidak hanya berfungsi untuk menutupi mulut dan hidung dan menulari diri sendiri, tetapi juga menjaga agar kita, bila terjangkit, tidak menulari orang lain di sekitar kita.

Agar air liur dan dahak tidak melewati masker, pemakaian masker harus sesuai dengan hidung, mulut dan dagu, agar tidak ada celah tersisa.

Pemakaian masker yang tepat sangat penting karena virus adalah partikel mikro yang akan dengan mudah berpindah.

Virus menginfeksi tubuh dengan memasuki sel-sel sehat. Ketika masuk ke tubuh, virus corona akan menempel di dinding sel-sel saluran pernapasan dan paru-paru, lalu masuk ke untuk berkembang biak.

Efek domino dari virus Covid-19 telah kita alami selama dua tahun terakhir ini, dan yang terburuk adalah jatuhnya banyak korban jiwa.

Covid-19 telah menyebar di 57 negara dengan penderita Covid-19 sebanyak lebih dari 148 juta orang di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, penderita Covid-19 telah mencapai hampir 6 juta orang.

“Walau antibodi masyarakat Indonesia dikatakan sudah tinggi, bukan berarti kemudian resisten Covid-19. Memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, tetap harus dilakukan selama Covid-19 masih ada. Rajin melakukan self tracing juga membantu agar penularan tidak meluas kembali,” tutur Sari W Pramono, direktur Smartcolab, kepada Kompas.com, Selasa (29/3/2022) malam.

Konsumsi Vitamin C

Membekali tubuh dengan vitamin dan nutrisi yang cukup juga menjadi salah satu cara agar terhindar dari Covid-19.

Mulai rajin mengonsumsi Vitamin C, misalnya, bisa menjadi langkah awal. Mengapa Vitamin C? Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat memperkuat pertahanan alami tubuh.

Antioksidan adalah molekul yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan melindungi sel dari molekul berbahaya yang disebut radikal bebas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com