Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Langkah Mudah Mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 24

Kompas.com - 19/03/2022, 06:10 WIB
Artika Rachmi Farmita

Penulis

KOMPAS.com - Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 24 sudah dibuka mulai Kamis (17/3/2022).

Menurut laman Instagram resmi manajemen Prakerja @prakerja.go.id, Kartu Prakerja gelombang 24 bakal menerima 300.000 peserta.

Secara total, pemerintah menargetkan ada 2,9 juta orang yang menjadi peserta Kartu Prakerja sepanjang tahun 2022 ini.

Nantinya peserta yang lolos seleksi Kartu Prakerja bakal mendapat insentif sebesar Rp 600.000/bulan selama 4 bulan, dengan total Rp 2,4 juta. Insentif diberikan usai menyelesaikan pelatihan.

Bagi kamu yang ingin mendaftar dan sudah membuat akun, kamu hanya perlu klik "Gabung Gelombang" di laman Prakerja.

Namun bagi yang belum membuat akun, maka kamu perlu sign up dan login serta mengisi data diri yang diminta.

Apabila kamu sudah melakukan proses pendaftaran bisa langsung menuju dashboard untuk klik "Gabung Gelombang", kemudian memantau status di dashboard.

Baca juga: Prakerja Gelombang 24 Dibuka Hanya untuk 300.000 Peserta, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Banyak peminat pelatihan manajemen dan pemasaran

Kepala Staf Kepresiden Moeldoko yang Wakil Ketua Komite Cipta Kerja menganalogikan usia Program Kartu Prakerja ini masih sangat belia ibarat bayi.

Analogi tersebut ia sampaikan ketika membuka secara resmi Gelombang 24 program Kartu Prakerja di Bengkulu, Kamis (17/3/2022).

Moeldoko menjelaskan, Prakerja tak hanya menyediakan aneka pelatihan, tapi juga menghubungkan dengan aneka lowongan kerja yang sedang dibuka di seluruh Indonesia.

"Meski sangat dini, capaian prestasi program sangat tinggi, terutama dalam membawa misi ganda dan inklusif, yakni meningkatkan kompetensi melalui pelatihan, menghubungkan supply dengan demand, serta menyalurkan bantuan untuk menopang daya beli," tuturnya melalui keterangan tertulis, dikutip Jumat (18/3/2022).

Sejak peluncuran Gelombang I, Kartu Prakerja menjangkau 186.287 penerima manfaat dari 10 kabupaten dan kota di provinsi berjuluk Bumi Rafflesia ini. 

Bidang penjualan pemasaran, gaya hidup, makanan dan minuman, manajemen serta perkantoran menjadi kategori pelatihan yang paling diminati peserta Prakerja di Bengkulu.

Hingga pertengahan Maret 2022, total Rp 459 milar insentif telah disalurkan kepada penerima Kartu Prakerja di Provinsi Bengkulu.

"Program ini juga dianggap tepat sasaran karena 72 persen peserta dari Bengkulu melampirkan sertifikat pelatihan Prakerja saat melamar kerja, 30 persen peserta yang menganggur sebelum mengikuti program telah bekerja atau berwirausaha," imbuh Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari.

Baca juga: Gelombang 24 Kartu Prakerja Telah Dibuka, Simak Cara Daftarnya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com