Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Atasi Masalah WiFi Lemot di Laptop

Kompas.com - 06/03/2022, 23:15 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Koneksi internet lemot atau lambat menjadi masalah yang umum dialami oleh pengguna internet di Indonesia. Untuk mengatasinya, banyak yang orang memilih menggunakan sinyal WiFi ketimbang jaringan seluler.

Alasan lainnya, penggunaan WiFi oleh sebagian orang dianggap lebih murah karena tidak membutuhkan kuota seperti pada paket data di jaringan seluler.

Sayangnya, masalah koneksi internet yang lemot bisa juga terjadi pada WiFi. Itu terjadi ketika sinyal yang dihasilkan WiFi lemah, sehingga berpengaruh terhadap kecepatan koneksi internet yang diterima perangkat, baik itu laptop, pc, ataupun ponsel.

Baca juga: 3 Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Laptop

Sinyal WiFi lemah yang dimaksud ialah perangkat router tidak bisa menyebarkan jaringan WiFi ke laptop secara optimal, sehingga status bar sinyal WiFi yang tampil di laptop tidak penuh

Padahal, di tengah tren work from home (WFH) atau bekerja dari rumah yang berkembang saat ini, koneksi internet yang stabil sangatlah dibutuhkan.

Sebab, kebanyakan para pekerja yang menjalani WFH, pekerjaannya membutuhkan koneksi internet. Mulai dari meeting online, riset data, dan masih banyak lagi.

Cara memperkuat sinyal WiFi di laptop

Ada sejumlah penyebab sinyal WiFi laptop lemah, salah satunya adalah posisi router yang terlalu jauh. Posisi router yang terlalu jauh dari laptop tentu akan memengaruhi kemampuan laptop dalam menerima jaringan WiFi.

Berikut ini adalah tips untuk memperkuat sinyal WiFi di laptop agar koneksi internet menjadi lebih stabil.

1. Posisikan router dekat dengan laptop

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, posisi router berpengaruh pada akan berpengaruh pada sinyal WiFi di laptop. Apabila Anda bisa bekerja secara mobile di rumah, carilah tempat yang tidak terlalu jauh dengan router.

Namun, jika solusi itu tidak memungkinkan, Anda bisa membeli perangkat WiFi Repeater atau WiFi Extender.

WiFi Repeater bisa berfungsi untuk menangkap sinyal internet yang disebar oleh router untuk kemudian disalurkan ke laptop secara nirkabel. Anda bisa menaruh WiFi Repeater di titik tengah antara lokasi router dan laptop.

Baca juga: Mengapa Koneksi Internet Jadi Lemot saat Hujan?

Ilustrasi router wifi.SHUTTERSTOCK/CASEZY IDEA Ilustrasi router wifi.

2. Memperbarui perangkat router dan driver WiFi laptop

Ada kalanya perangkat router dan dukungan driver atau perangkat lunak WiFi di laptop bisa membuat sinyal WiFi lemah.

Jika ini yang terjadi, Anda perlu memperbarui perangkat router dan driver WiFi laptop.

Setiap jenis router punya standar teknologinya sendiri, misalnya jenis router 802.11ac lebih cepat dari standar sebelumnya seperti 802.11n dan 802.11g, sebagaimana dilansir Lifewire.

Anda bisa mengganti router ke jenis dengan standar teknologi yang lebih baru. Untuk masalah ini, Anda bisa menghubungi ISP atau penyedia layanan internet yang Anda gunakan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com