Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman yang Bisa Memperbaiki Suasana Hati

Kompas.com - 19/02/2022, 23:30 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Mengoleksi tanaman hias menjadi salah satu hobi yang makin digemari. Tidak hanya untuk menghabiskan waktu, merawat dan melihat hijaunya tanaman serta kebun yang asri ternyata bisa memperbaiki suasana hati atau mood.

Tak heran mengoleksi dan merawat tanaman hias kini dianggap menjadi salah satu obat stress. Beberapa jenis tanaman bahkan secara ilmiah terbukti mampu memperbaiki suasana hati.

Dilansir dari Pure Wow, berikut ini adalah tanaman-tanaman yang bisa memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik.

Baca juga: 5 Tanaman yang Terbukti Mampu Memperbaiki Suasana Hati

1. Lavender

Tanaman yang mampu memperbaiki suasana hati yang pertama adalah lavender. Sebagian orang mungkin mengenal lavender sebagai tanaman pengusir nyamuk.

Namun jangan salah, aroma yang dimiliki oleh tanaman lavender hingga kini masih menjadi andalan dalam perawatan aromaterapi. Sebab, aroma yang keluar dari tanaman lavender membuat suasana terasa lebih tenang.

Sebuah studi pada 2009 menemukan bahwa aroma lavender memiliki efek nyata pada penurunan denyut nadi pada mahasiswa keperawatan dalam situasi stres.

2. Lidah buaya

Berikutnya ada tanaman lidah buaya. Tanaman yang satu ini populer karena kegunaannya sebagai sampo. Namun tak hanya itu saja kegunaan dari tanaman lidah buaya

Ilustrasi tanaman lidah buayaUnsplash/Stephanie Harvey Ilustrasi tanaman lidah buaya

Apabila dilihat dari sudut pandang holistik, lidah buaya dianggap membawa energi positif ke dalam rumah.

Sedangkan dari sisi ilmiah, lidah buaya mampu memurnikan udara dari karsinogen umum serta mengeluarkan oksigen pada malam hari sehingga membantu seseorang untuk tidur lebih baik.

Baca juga: Ingin Menanam Tanaman Tapi Lahan Sempit? Ini 6 Metode yang Bisa Dicoba

3. English ivy

English ivy atau daun ivy merupakan tanaman pembersih udara yang sangat efektif. Para ilmuwan Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau NASA menjuluki daun ivy sebagai tanaman rumah penyaring udara terbaik nomor satu.

Hal lain yang menjadi alasan tanaman ini mampu membuat suasana terasa lebih tenang adalah karena english ivy baik dalam menyedot zat-zat karsinogen seperti asap atau asap rokok sehingga membuat lingkungan menjadi lebih murni.

Selain itu, tanaman ini juga sangat mudah dirawat serta tidak membutuhkan banyak air atau cahaya untuk berkembang.

4. Basil

Daun basil banyak digunakan untuk bahan baku kuliner tertentu. Namun siapa sangka, kandungan senyawa organik dalam basil, jumlahnya terbilang tinggi.

Kandungan ini disebut juga linalool, biasa digunakan untuk aromaterapi. Sebuah tim ilmuwan Jepang terkenal melakukan penelitian terhadap tanaman basil.

Ilustrasi tanaman herbal kemangi atau basilUnsplash/Monika Grabkowska Ilustrasi tanaman herbal kemangi atau basil

Mereka menemukan paparan linalool mengurangi aktivitas ratusan gen yang biasanya menjadi overdrive selama situasi stres.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com