Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awal Mula Cokelat Jadi Identik dengan Hari Valentine

Kompas.com - 13/02/2022, 15:10 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Tanggal 14 Februari banyak dirayakan orang sebagai Hari Valentine. Perayaan Hari Valentine yang disebut juga sebagai hari kasih saya ini banyak dirayakan oleh orang dari negara-negara barat, terutama Eropa.

Namun dalam perkembangannya, saat ini banyak juga orang-orang dari negara-negara di luar Eropa yang ikut merayakan Hari Valentine.

Salah satu hal yang paling identik dengan perayaan Valentine adalah cokelat. Bersama bunga, cokelat menjadi kado yang sering diberikan oleh pasangan ketika perayaan Hari Valentine.

Namun tahukah kamu bahwa perayaan Valentine pada mulanya tidak identik dengan cokelat? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Sejarah dan Tradisi Hari Valentine Sebagai Hari Kasih Sayang

Mengapa Hari Valentine identik dengan cokelat?

Seperti diberitakan Kompas.com (14/2/2021) yang melansir Smithsonian Magazine dan History.com, cokelat merupakan simbol kasih sayang, kenyamanan, dan sensualitas.

Di zaman dahulu, cokelat dianggap sebagai barang mewah yang hanya diperuntukkan bagi suku elit, yakni suku Maya dan suku Aztec.

Seiring perkembangan waktu, cokelat kemudian menyebar ke daratan Eropa sekitar tahun 1600-an. Namun saat itu, cokelat belum menjadi hal yang diidentikkan dengan perayaan Hari Valentine.

Kemudian di tahun 1840-an, Valentine diusulkan menjadi hari libur di sebagian besar wilayah Eropa. Untuk merayakan Valentine, seseorang biasanya akan memberikan hadiah ke pasangannya.

Ilustrasi buket cokelat untuk hamper valentine di Hei ChokoDok. Hesti Widyo Asih Ilustrasi buket cokelat untuk hamper valentine di Hei Choko

Baca juga: Kenapa Valentine Day Identik dengan Coklat?

Keterkaitan cokelat dengan Valentine itu sendiri tidak lepas dari sosok yang bernama Richard Cadbury, seorang keturunan keluarga produsen cokelat asal Inggris.

Untuk meningkatkan penjualannya, Cadbury melakukan inovasi pada produk cokelat yang dijual. Ia pun menambahkan mentega pada biji kakao untuk menghasilkan rasa cokelat yang lebih enak.

Hasil dari inovasi tersebut adalah lahirnya produk varian cokelat baru yang disebut dengan dark chocolate atau cokelat masak pekat. Di tahun 1861, Cadbury mulai menjual cokelat yang diproduksi oleh perusahannya dengan kemasan kotak berbentuk hati.

Untuk mempercantik tampilan kotak cokelat miliknya, Cadbury menambah gambar Cupid dan bunga mawar di atasnya.

Dari sinilah awal mula cokelat berkembang menjadi hadiah Valentine. Di era Ratu Victoria berkuasa, cokelat menjadi simbol kasih sayang dan rayuan.

Ilustrasi cokelat untuk valentineDok. Pexels/ Jonathan Borba Ilustrasi cokelat untuk valentine

Baca juga: Sejarah Kelam Lahirnya Hari Valentine, Tak Hanya Soal Kasih Sayang

Karenanya di masa itu laki-laki muda menggunakan cokelat untuk mendekati perempuan. Caranya dengan memberikan sekotak cokelat untuk memperlihatkan kasih sayangnya.

Namun, pada era Victoria juga cokelat diibaratkan dengan hubungan dan seks. Karena itu terdapat buku etiket pada masa itu yang mengingatkan perempuan lajang untuk tidak menerima cokelat dari laki-lai yang tidak dikenal.

Perempuan pada masa itu juga dianggap tabu untuk memberikan cokelat kepada laki-laki. Namun seiring waktu, kesan cokelat yang tabu mulai hilang.

Pada akhirnya, tradisi memberikan cokelat ke pasangan pada Hari Valentine ini menyebar dari Eropa ke berbagai negara-negara di dunia.

(Sumber:Kompas.com/Lea Lyliana | Editor: Silvita Agmasari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com