Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Scan PeduliLindungi Tanpa Koneksi Internet

Kompas.com - 12/02/2022, 11:30 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menambahkan fitur offline check in di aplikasi PeduliLindungi.

Dengan fitur tersebut, masyarakat kini dapat menggunakan aplikasi PeduliLindungi meski ketika tidak terhubung dengan koneksi internet.

Cara scan barcode PeduliLindungi tanpa internet

Dilansir dari akun media sosial @Kemenkominfo melalui KOMPAS.com, fitur offline check in baru bisa digunakan setelah pengguna melakukan pembaruan (upgrade) aplikasi PeduliLindungi.

Dengan adanya fitur offline check in, pengguna PeduliLindungi dapat check in dengan mudah saat berada di ruang publik, seperti gedung perkantoran atau pusat perbelanjaan.

"Segera lakukan upgrade aplikasi PeduliLindungi untuk bisa menggunakan fitur ini (offline check in)," tulis akun @Kemenkominfo.

Baca juga: Cara Cek dan Download Sertifikat Vaksin Booster di Aplikasi PeduliLindungi

Selain pengguna, fitur ini pun dinilai memudahkan pengelola tempat umum untuk mengetahui status vaksinasi Covid-19 pengunjung.

Selain itu, fitur ini pun dapat membantu pemerintah dalam melakukan penelusuran (tracing) digital terkait risiko penyebaran Covid-19.

Status vaksinasi berdasarkan indikator warna

Terdapat empat parameter warna yang menunjukkan status vaksinasi seseorang saat melakukan check in menggunakan fitur QR Code di aplikasi PeduliLindungi.

Warna hitam menunjukkan bahwa seseorang terkonfirmasi positif Covid-19 atau memiliki riwayat kontak erat dengan pasien Covid-19. Pengunjung kategori warna hitam ini tidak boleh memasuki ruang publik.

Warna merah menunjukkan bahwa pengunjung belum menerima vaksin Covid-19 atau memiliki kontak erat dengan pasien infeksi Covid-19. Seseorang yang termasuk dalam kategori warna merah ini juga tidak boleh memasuki ruang publik.

Baca juga: Cara Cek Tiket dan Jadwal Vaksinasi Booster di PeduliLindungi

Warna kuning atau oranye menunjukkan bahwa pengunjung telah menerima vaksin Covid-19 dosis pertama. Seseorang yang termasuk dalam kategori warna kuning boleh memasuki ruang publik setelah petugas melakukan verifikasi lebih lanjut.

Warna hijau menunjukkan bahwa pengunjung telah menerima vaksin Covid-19 dosis lengkap. Seseorang yang termasuk dalam kategori warna hijau dibolehkan memasuki ruang publik.

Cara cek dan download sertifikat vaksin Covid-19 tanpa nomor HP

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Senin (7/2/2022), berikut ini cara cek sertifikat vaksin Covid-19 tanpa nomor HP:

  • Buka laman pedulilindungi.id untuk cek sertifikat vaksin tanpa nomor HP.
  • Pilih login menggunakan alamat email untuk cek sertifikat vaksin tanpa nomor HP.
  • Klik kolom nama yang berada di pojok kanan atas situs pedulilindungi.id.
  • Setelah itu, akan muncul tampilan sertifikat vaksin Covid-19 sesuai dosis yang telah diterima.
  • Pilih dan klik sertifikat vaksin Covid-19 untuk melihatnya dalam ukuran besar.
  • Klik Unduh Sertifikat.
  • Sertifikat vaksin yang telah diunduh akan tersimpan secara otomatis di galeri foto perangkat.

(Penulis: Rizal Setyo Nugroho)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com