Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syarat dan Cara Membatalkan Pesanan di Shopee

Kompas.com - 05/02/2022, 20:00 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak faktor yang membuat konsumen salah membeli produk ketika berbelanja online di marketplace, seperti tidak memperhatikan detail produk, salah pilih jenis produk, atau bahkan salah memasukkan alamat pengiriman.

Meski begitu, beberapa marketplace membolehkan konsumen membatalkan pemesanan. Salah satu marketplace yang menyediakan layanan tersebut adalah Shopee.

Pengguna Shopee bahkan bisa membatalkan pesanan yang sudah dibayar, namun tentu dengan memenuhi ketentuan yang ditetapkan.

Syarat, ketentuan, dan jenis pembatalan pesanan di Shopee

Dilansir dari laman resmi Shopee, terdapat dua jenis pembatalan pesanan di Shopee, yakni pembatalan instan dan pembatalan non-instan.

Pembatalan instan adalah jenis pembatalan yang bisa dilakukan secara langsung oleh pembeli sebelum penjual selesai mengatur pengiriman atau memasukkan nomor resi pengiriman.

Baca juga: Cara dan Syarat Mengaktifkan Shopee Paylater

Dengan demikian, jika penjual belum mengatur pengiriman barang, pembeli bisa memilih opsi Batalkan Pesanan.

Pesanan pun secara otomatis akan dibatalkan meski pembeli telah membayarnya. Jika pembatalan diterima, uang yang telah dibayarkan akan secara otomatis masuk ke ShopeePay pengguna.

Sementara itu, pembatalan non-instan adalah jenis pembatalan yang dapat dilakukan setelah mendapat tanggapan dari penjual yang telah selesai mengatur pengiriman pesanan.

Jika pembeli memilih opsi Batalkan Pesanan, pemesanan tidak secara otomatis dibatalkan. Penjual akan mengonfirmasi terlebih dahulu untuk menerima atau menolak permintaan tersebut.

Akan tetapi, jika penjual tidak mengonfirmasi dalam waktu 1x24 jam, permintaan pembatalan pesanan akan dianggap diterima.

Baca juga: Syarat dan Cara Daftar Shopee Mall

Pesanan di Shopee bisa dibatalkan meski barang sudah lunas dibayar dengan menggunakan jenis pembatalan ini, tetapi pastikan penjual belum mengirim barang yang dipesan.

Ada empat proses pembelian barang yang terdapat di Shopee, yakni verifikasi pembayaran, pengemasan, pengiriman, dan penerimaan.

Konsumen hanya bisa membatalkan pesanan jika status pembelian masih dalam verifikasi pembayaran dan pengemasan.

Cara membatalkan pesanan di Shopee

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Rabu (2/2/2022), berikut ini cara membatalkan pesanan di Shopee yang telah dibayar lunas:

  • Buka aplikasi Shopee
  • Klik Saya yang terletak di bagian bawah layar aplikasi
  • Di bagian menu Pesanan Saya akan muncul proses pembelian barang
  • Pastikan barang masih berstatus Belum Bayar atau Dikemas
  • Klik submenu tersebut, kemudian pilih pesanan yang hendak dibatalkan
  • Klik opsi Batalkan Pesanan
  • Tambahkan alasan pembatalan, kemudian klik opsi Konfirmasi.

(Penulis: Zulfikar Hardiansyah | Editor: Wahyunanda Kusuma Pertiwi)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com