Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sampah Botol Plastik Bisa Ditukar dengan Uang Elektronik, Begini Caranya

Kompas.com - 29/01/2022, 16:30 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Sejak kemunculan Reverse Vending Machine (RVM), kini sampah botol plastik bisa ditukarkan dengan uang elektronik.

Danone-AQUA bekerja sama dengan Alfamart dan PlasticPay meluncurkan mesin tersebut di sejumlah gerai Alfamart.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Minggu (23/1/2022), VP General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto mengatakan, pada tahap pertama, RVM akan ditempatkan di lima gerai Alfamart di Jakarta dan Tangerang.

Keberadaan RVM diharapkan dapat mendorong masyarakat berkontribusi dalam mengurangi jumlah sampah plastik.

Vera menambahkan, RVM adalah bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam mengurangi sampah plastik yang masuk ke lautan hingga 70 persen pada 2025 mendatang.

Baca juga: Cara Daftar Driver ShopeeFood Terbaru 2022

Menurut hasil riset Sustainable Waste Indonesia (SWI), daur ulang sampah plastik di Indonesia masih tergolong kecil yaitu di bawah 10 persen.

“Berdasarkan riset tersebut, kami berkomitmen mendorong pengumpulan dan mendaur ulang kemasan plastik pasca konsumsi. Oleh karena itu, perlu adanya upaya inovatif untuk meningkatkan laju pengumpulan dan daur ulang kemasan plastik bekas,” kata Vera.

Vera menjelaskan, RVM akan memudahkan masyarakat dalam mengumpulkan dan mengelola sampah plastik.

“Kami juga berkomitmen untuk mengedukasi pentingnya pengelolaan sampah plastik yang berkelanjutan. Kami sangat menyambut baik kerja sama dengan Alfamart dan PlasticPay serta berharap inisiatif ini dapat memberikan kontribusi positif bagi lingkungan yang lebih bersih,” ujarnya.

Sementara itu, Corporate Affairs Director Alfamart, Solihin mengatakan, inovasi ini merupakan solusi bagi pengelolaan sampah plastik di Indonesia.

Baca juga: Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan dengan Aplikasi Jamsostek Mobile

“Dengan total jaringan 16.000 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia, kami berharap dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai sarana edukasi sekaligus memberi kemudahan untuk dapat berperan aktif mendukung pengelolaan sampah plastik,” kata Solihin.

Cara menukarkan botol plastik jadi uang elektronik

Penukaran botol plastik pasca konsumsi dapat dilakukan melalui aplikasi PlasticPay di smartphone.

Caranya, install aplikasi PlasticPay, kemudian bawa botol plastik ke AQUA RVM terdekat. Pindai setiap barcode botol plastik, kemudian masukkan ke mesin RVM. Setelah itu, klik Ambil Poin.

Setiap penukaran kemasan botol plastik PET pasca konsumsi dengan merek Danone-AQUA akan mendapatkan reward 100 poin, sedangkan penukaran setiap botol PET bekas merek lain akan mendapat reward 50 poin.

Poin yang diperoleh dari pengumpulan sampah botol plastik dapat ditukarkan dengan uang elektronik Gopay, Dana, LinkAja, OVO, dan Shopeepay.

Baca juga: Cara Membayar Iuran BPJS Kesehatan Secara Online dan Offline

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com