Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Sukses Jual NFT Seperti Ghozali Everyday? Ternyata Butuh Uang 'Bensin'

Kompas.com - 16/01/2022, 17:07 WIB
Artika Rachmi Farmita

Penulis

KOMPAS.com - Warganet di Indonesia belakangan dihebohkan oleh kabar kesuksesan seorang pemuda bernama Ghozali yang menjual foto selfie dirinya sebagai Non Fungible Token alias NFT.

Tak heran jika saat ini, penjualan NFT pun menjadi salah satu aset kripto yang sedang naik daun.

NFT adalah sebuah token kriptografi yang mewakili suatu barang yang dianggap unik. Dengan memiliki aset NFT, pemilik seperti memiliki karya seni atau barang antik.

Sederhananya, NFT ibarat sertifikat atas karya tersebut dan pemilik bisa menjualnya. Dalam kasus Ghozali, "barang antik" di sini adalah kumpulan foto selfie Ghozali yang dijual di marketplace NFT populer, OpenSea.

Kurang lebih, ada 933 buah foto selfie Ghozali. Koleksi ratusan NFT foto selfie Ghozali itu diberi nama "Ghozali Everyday".

Di laman Opensea miliknya, Ghozali mengunggah foto selfie yang jumlahnya hampir 1.000 buah itu dikumpulkan Ghozali sejak 2017 silam, saat usianya masih 18 tahun.

Baca juga: Ghozali Everyday Siap Bayar Pajak NFT, Seperti Apa Ketentuannya?

"Saya mengambil foto diri saya sejak saya berusia 18 hingga 22 tahun (2017-2021). Itu benar-benar gambar saya yang berdiri di depan komputer hari demi hari," tulis Ghozali.

Dalam riwayat aktivitas penjualan, Ghozali pertama kali tercatat menjual NFT Ghozali Everyday pada Senin (10/1/2022). Ketika itu, NFT foto selfie Ghozali memiliki floor price sebesar 0,001 ETH (Ethereum) atau kira-kira hampir Rp 48.000.

Menurut laman resmi OpenSea, floor price sendiri adalah harga terendah untuk satu item dalam koleksi, yang diperbarui secara real-time oleh OpenSea.

Namun, pantauan KompasTekno pada Kamis (13/1/2022) siang pukul 11.30 WIB, floor price untuk NFT Ghozali Everyday sudah melejit, yakni dijual paling murah seharga sekitar 0,3 ETH atau setara Rp 14,3 juta untuk satu foto selfie.

Sementara foto selfie dari koleksi Ghozali Everyday paling mahal dijual sebesar 66.346 ETH (setara Rp 3,1 triliun).

Baca juga: Ghozali Everyday Jual NFT Foto Selfie, Harga Tertinggi Tembus Rp 3 Triliun

Mengenal sistem penjualan NFT: ternyata butuh banyak biaya

Memang banyak karya seni yang diunggah lewat internet dan diperdagangkan dengan NFT berhasil laku dengan nilai yang fantastis.

Meski begitu, Anda harus tahu ada biaya tersembunyi untuk penjualan NFT. Sebab apabila Anda yang baru mengawali proses menjual karya seni lewat NFT, ada biaya-biaya tersembunyi yang nilainya cukup besar.

Seniman NFT dari LearnSketch.com dalam sebuah video Youtube dengan judul 'How much it cost to sell my first NFT' pun memaparkan beragam biaya tersembunyi penjualan NFT sesuai dengan pengalaman pertamanya ketika menjual karyanya lewat platform Foundation.

Menurutnya, beberapa biaya tersembunyi penjualan NFT tersebut meliputi Minting Fee, Listing Fee, Commission Fee, dan Transaction Fee.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com