Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Trik Membuat Ruang Tamu Sempit Tampak Luas dan Melegakan

Kompas.com - 16/01/2022, 10:19 WIB
Artika Rachmi Farmita

Penulis

KOMPAS.com - Luas rumah yang tak seberapa bukan berarti Anda tidak bisa berkreasi dengan ruang tamu.

Justru Anda bisa menggali ide lebih banyak lagi agar bagaimana caranya ruang tamu yang cenderung sempit bisa tampak luas.

Nah, ada beberapa trik yang bisa Anda terapkan supaya ruang tamu sempit tampak luas.

Dilansir dari Homes & Gardens, Minggu (19/12/2021), trik dasar membuat ruang tamu terlihat lebih besar, lebih terang, dan lebih cerah adalah menciptakan langit-langit putih dan penggunaan lantai kayu ringan.

Untuk lebih lengkapnya, simak beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat ruang tamu kecil tampak lebih luas berikut ini:

Baca juga: 8 Ide Pencahayaan Ruang Tamu Kecil, Bikin Ruangan Lebih Nyaman

1. Gunakan furnitur netral

Sofa akan menjadi perabot terbesar di ruang tamu, jadi ada baiknya untuk mendapatkan warna dan ukuran yang tepat.

"Sofa netral dapat membantu meringankan ruang, namun perlu diingat bahwa netral tidak harus berarti memilih desain yang polos. Memilih gaya dengan detail yang indah, seperti lekukan, kancing, atau alur, akan menambahkan karakter ke ruang kecil tanpa membebani skema (ruangan) Anda," saran Suzy McMahon, direktur pembelian di Sofology.

Selain itu, imbuh McMahon, bantal sofa dalam nuansa dan pola yang lebih berani dapat menjaga tampilan agar tidak terkesan terlalu longgar.

"Atau, kursi beraksen adalah cara yang bagus untuk menambahkan semburat warna dan akan dengan mudah mengangkat ruang yang lebih gelap," sebutnya.

2. Pilih skema warna sederhana

Hal utama yang perlu diingat saat mendesain ruangan kecil adalah memastikan semua nada menempel pada palet warna yang sama, sehingga menciptakan aliran ke seluruh ruangan.

Desainer interior Bobby Berk secara teratur menekankan pentingnya menciptakan ruang yang kohesif.

Terlepas dari kecintaannya pada warna, ide cat ruang tamu Berk cenderung didasarkan pada warna monokromatik dan tonal yang akan lebih menonjolkan skema tersebut.

Ilustrasi ruang tamu bernuansa monokromatik.UNSPLASH/MINH PHAM Ilustrasi ruang tamu bernuansa monokromatik.

Saat memilih palet, Berk mengingatkan kita untuk menganggap ruang sebagai 'satu ruang yang kohesif' ketimbang menggunakan warna dan pola berbeda yang akan membagi ruangan dan membuatnya terasa lebih kecil.

"Khususnya dengan studio, kita secara naluriah membagi ruangan utama menjadi beberapa bagian terpisah untuk menciptakan ilusi ruangan yang lebih besar, tetapi apa yang sebenarnya Anda lakukan adalah mengacaukan ruang dan membuatnya tampak jauh lebih kecil," ujar Berk.

Menurut Berk, bukan berarti bahwa ruangan tidak boleh berwarna. Namun, berpeganglah pada palet warna, apakah itu nada dingin seperti biru dan hijau atau nada yang lebih hangat seperti terakota dan krem.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com