Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan NFT Termahal di Dunia, Bisa Mencapai Rp 1 Triliun

Kompas.com - 15/01/2022, 22:56 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Non Fungible Token atau NFT tengah ramai diperbincangkan. NFT adalah item digital yang dapat diperjualbelikan dengan teknologi blockchain dalam mata uang kripto.

Meski telah menjadi tren dalam beberapa waktu terakhir ini, keberadaan NFT sebenarnya sudah ada sejak tahun 2014 lalu.

Produk-produk NFT bisa terdiri dari foto, video, musik, item game, dan bentuk virtual lainnya. Benda-benda itu dijual secara online, sering kali menggunakan cryptocurrency, seperti Bitcoin (BTC) atau Ethereum (ETH).

Baca juga: 5 NFT Termahal di Dunia, Ada yang Tembus Rp 1 Triliun

Dalam perkembangannya, NFT semakin dilirik sebagai lahan baru bagi mereka yang ingin mencari penghasilan dari transaksi digital. Sebuah produk NFT bahkan bisa dihargai sangat mahal, mulai dari miliaran hingga triliunan rupiah.

Di tahun 2021 ini NFT terus menjadi perbincangan dan semakin populer. Dalam kurun waktu setahun saja, beberapa NFT terjual dengan harga terbilang sangat tinggi.

Seperti lima NFT berikut ini. Dilansir dari Screenrant, terdapat lima NFT termahal yang pernah terjual. Berikut adalah daftarnya.

5 NFT Termahal di dunia

1. The Merge

NFT termahal di sepanjang 2021 ini ialah ‘The Merge’. The Merge merupakan NFT yang dibuat oleh seniman digital, Pak’s.

Di jagad per-NFT-an, Pak adalah salah satu jawaranya karena menciptakan beberapa karya seni yang paling ikonik. The Merge terjual terjual dengan hampir 30.000 kolektor bergabung dengan total biaya 91,8 juta dollar AS setara dengan Rp 1 triliun.

NFT Termahal The Merge Twitter Cruxe NFT Termahal The Merge

2. Everydays: The First 5000 Days

Berikutnya ada Everydays: The First 5000 Days. NFT Ini berbentuk kolase gambar yang dibuat oleh seniman digital Mike Winkelmann–dikenal juga dengan nama Beeple–sejak 2007 dan selesai pada 2020 atau selama 13 tahun.

Everydays: The First 5000 Days menjadi NFT termahal nomor dua yang terjual pada 2021 setelah laku terjual dengan harga 69,3 juta dollar AS atau sekitar Rp 991 miliar pada 11 Maret 2021.

Baca juga: Mengapa NFT Bisa Laku Terjual dengan Harga yang Sangat Mahal?

Everydays: The First 5000 Days dibeli oleh investor cryptocurrency yang berbasis di Singapura melalui rumah lelang Christie's.

NFT termahal kedua. Everydays: The First 5000 Days oleh Beeple.dexerto NFT termahal kedua. Everydays: The First 5000 Days oleh Beeple.

3. Human One

Berikutnya ada NFT Human One. NFT ini berupa potret bergerak yang menampilkan gambaran manusia pertama yang lahir di metaverse.

Human One juga merupakan karya dari seniman digital Mike Winkelmann. NFT karya Winkelmann yang satu ini pernah terjual dengan harga 28,9 juta dollar AS atau sekitar Rp 426 miliar di rumah lelang Christie's.

4. CryptoPunk #752

CryptoPunk #752 merupakan salah satu avatar digital yang "dihasilkan secara unik" di blockchain Ethereum oleh duo pengembang yang berbasis di Kanada yang menjalankan Larva Labs.

Sejauh ini, ada 1.000 Cryptopunk dibuat atau dihasilkan secara algoritmik dengan sejak Juni 2017. CryptoPunk #752 terjual seharga 11,75 juta dollar AS atau setara Rp 168,02 miliar dan dilelang di Sotheby.

Baca juga: Bagaimana Ghozali Bisa Dapat Uang Miliaran Rupiah dari Jual NFT Foto Selfie?

CryptoPunk #7523 dianggap langka dan menjadi salah satu kreasi digital paling ikonik sekaligus NFT paling mahal nomor empat sepanjang 2021.

NFT CryptoPunk 7523dexerto NFT CryptoPunk 7523

5. CryptoPunk #3100

Di posisi kelima dihuni oleh keluarga CryptoPunk juga, yakni CryptoPunk #3100. NFT CryptoPunk #3100 laku terjual hingga 7,58 juta dollar atau sekitar RP 108 miliar.

Terjual pada 11 Maret 2021, CryptoPunk #3100 juga termasuk salah satu produk NFT yang paling langka. Karya ini menggambarkan sosok alien yang memakai ikat kepala.

(Sumber:Kompas.com/Danur Lambang Pristiandaru | Editor : Danur Lambang Pristiandaru)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com