Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surabaya Kota Termacet di Indonesia Kalahkan Jakarta, Bagaimana Bisa?

Kompas.com - 15/01/2022, 06:39 WIB
Artika Rachmi Farmita

Penulis

KOMPAS.com - Sebuah perusahaan analis data berbasis di Washington, Amerika Serikat, INRIX, merilis hasil penelitian bertajuk Global Traffic Scorecard 2021.

Penelitian tersebut merilis daftar 5 kota di Indonesia dengan tingkat kemacetan lalu lintas tertinggi sepanjang tahun 2021.

Pada dasarnya, penelitian perusahaan analisis data pengelolaan lalu lintas itu dilakukan di 1000 kota di dunia guna menemukan kota paling macet di dunia.

Penelitian INRIX itu mengumpulkan data mobilitas selama 3 tahun untuk analisis mobilitas yang lebih terperinci dan menyeluruh di kota-kota paling padat di dunia.

Termasuk perbandingan penundaan perjalanan, tren tabrakan, dan kecepatan mil terakhir berdasarkan pola perjalanan yang unik di setiap area perkotaan.

Perjalanan ke pusat kota juga diukur lebih mendalam dalam Global Traffic Scorecard 2021 mengingat dampak COVID-19 pada pusat-pusat ketenagakerjaan.

Baca juga: 15 Rumah Makan Padang Enak di Surabaya, Ada yang Layani Pesan Antar

Surabaya geser Jakarta dari peringkat satu

Berdasarkan penelitian yang dilakukan INRIX, berikut daftar 5 kota termacet di Indonesia versi Global Traffic Scorecard 2021:

1. Surabaya

2. Jakarta

3. Denpasar

4. Malang

5. Bogor

Mengutip data yang diolah INRIX, Surabaya memiliki level kemacetan tertinggi sehingga dinyatakan sebagai kota termacet di Indonesia.

Penilaian itu diukur dari hours lost in congestion atau waktu yang hilang karena menghadapi kemacetan di Surabaya sebanyak 62 jam, dari tahun sebelumnya yang hanya 58 jam.

Selain menempati posisi pertama kota termacet di Indonesia, Surabaya tercatat di peringkat 41 kota termacet di dunia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com