Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Provinsi yang Masyarakatnya Paling Bahagia di Indonesia

Kompas.com - 09/01/2022, 11:25 WIB
Farid Assifa

Penulis

Sumber BPS

KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik atau BPS merilis hasil survei Indeks Kebahagiaan masyarakat Indonesia pada tahun 2021.

Hasilnya, Indeks Kebahagiaan Indonesia mengalami peningkatan sebesar 0,80 persen dibanding pada tahun 2017.

Menurut data BPS yang dilansir dari laman BPS.go.id, peningkatan Indeks Kebahagiaan juga terjadi pada sebagian besar provinsi di Indonesia.

Disebutkan, tiga provinsi memberi sumbangan peningkatan indeks kebahagiaan terbesar di banding provinsi lain. Yakni Jambi dengan 4,72 poin, Sulawesi Barat 3,44 poin dan Kalimantan Utara 3,00 poin.

Menurut BPS, Indeks Kebahagiaan disusun dari 19 indikator pendukung yang diklasifikasikan dalam 3 dimensi, yakni dimensi kepuasan hidup, dimensi perasaan dan dimensi makna hidup.

Baca juga: Indeks Kebahagiaan Jateng Meningkat, Ganjar: Semua Tak Lepas dari Peran Masyarakat

Dimensi kepuasan hidup terdiri dari dua subdimensi, yaitu kepuasan hidup personal dan sosial.

Kepuasan hidup personal terdiri dari 5 indikator kepuasan, antara lain pendidikan dan keterampilan, pekerjaan/usaha/kegiatan utama, pendapatan rumah tangga, kesehatan dan kondisi rumah serta fasilitas rumah.

Sementara subdimensi kepuasan hidup sosial terdiri dari 5 indikator, antara lain keharmonisan keluarga, ketersediaan waktu luang, hubungan sosial, keadaan lingkungan, dan kondisi keamanan.

Sementara dimensi perasaan atau afeksi terdiri dari sejumlah indikator, yakni perasaan senang/riang/gembira, perasaan tidak khawatir/cemas dan perasaan tidak tertekan.

Sedangkan dimensi makna hidup memiliki indikator penerimaan diri dan pengembangan diri.

Menurut data BPS, indikator Indeks Kebahagiaan yang paling tinggi di Indonesia adalah kepuasan akan kesehatan sebesar 76,28 pada skala 0-10.

Indeks kebahagiaan ibu kota menurun

Jakarta yang merupakan ibu kota Indonesia menjadi sorotan terkait Indeks Kebahagiaan. Berdasarkan data BPS, Indeks Kebahagaiaan di Jakarta menurun pada 2021.

Melansir Kompas.com, Jumat (31/12/2021), pada tahun 2017 atau saat Gubernur Anies Baswedan mulai menjabat, Indeks Kebahagiaan masyarakat DKI Jakarta adalah 71,33 poin.

Sementara pada tahun 2021 mengalami penurunan menjadi 70,68 poin pada skala 1-100.

Selain Jakarta, provinsi lain juga ada yang mengalami penurunan Indeks Kebahagiaan, yakni Banten, Yogyakarta, Bali dan Nusa Tenggara Barat.

Baca juga: 10 Provinsi Paling Bahagia di Indonesia Versi BPS

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengutip Kompas.com, mengatakan, Indeks Kebahagiaan warga Jakarta menurun karena pandemi Covid-19.

"Yang pasti memang akibat dampak pandemi Covid-19 besar sekali terhadap kesehatan dan juga perekonomian kita," kata Riza, Jumat (31/12/2021).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BPS
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com