Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syarat, Kriteria Penerima dan Kisaran Harga Vaksin Booster Mulai 12 Januari

Kompas.com - 09/01/2022, 07:33 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Vaksinasi dosis ketiga atau vaksin booster Covid-19 akan mulai disuntikkan pada 12 Januari 2022.

Pemerintah saat ini sedang mempersiapkan program vaksin booster tersebut berdasarkan kriteria dan syarat penerima vaksin.

"Update program vaksinasi booster sudah diputuskan oleh Bapak Presiden akan jalan 12 Januari," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden, Senin (3/1).

Vaksin booster adalah suntikan dosis tambahan vaksin untuk memperkuat antibodi yang sudah terbentuk. Vaksin ini diberikan pada orang yang sudah mendapatkan dua dosis vaksin Covid-19 sebelumnya.

Dikutip dari CNN, vaksin booster ini akan disebar ke 244 kabupaten/kota di Indonesia. Vaksin ini akan diberikan kepada masyarakat umum yang sudah memenuhi semua kriteria dan syarat.

Syarat dan kriteria penerima vaksin dosis ketiga

Baca juga: Intip Kisaran Harga Vaksin Covid-19 Booster

Berikut ini syarat dan kriteria penerima vaksin booster:

  • Berusia 18 tahun ke atas
  • Tinggal di kabupaten/kota yang memenuhi kriteria capaian vaksinasi dosis pertama 70 persen dan 60 persen untuk dosis kedua. Terdapat 244 kabupaten/kota yang memenuhi kriteria ini.
  • Sudah mendapatkan suntikan vaksin dosis kedua minimal 6 bulan.

Pemberian vaksin booster ini juga akan diprioritaskan untuk lansia dan orang yang memiliki komorbid atau penyakit penyerta.

Rencananya jenis vaksin yang diberikan berupa jenis yang sama dengan vaksin sebelumnya atau homolog dan dapat juga dengan jenis yang berbeda atau heterolog sesuai rekomendasi dari Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

Itulah kriteria dan syarat penerima vaksin booster di Indonesia pada 12 Januari mendatang.

Kisaran harga vaksin booster

Mengutip KompasTV, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin memperkirakan biaya vaksin booster ini di kisaran Rp 300.000.

"Ya paling mahal berapa ya, harganya di bawah Rp300.000," kata Budi usai membuka kegiatan Health Business Gathering 2021 di Mulia Resort Nusa Dua, Bali, Jumat (3/12/2021).

Sementara itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) tengah memproses registrasi lima jenis vaksin Covid-19 yang akan dijadikan vaksin boster.

Mengutip Kompas.com, kelima merek tersebut adalah Pfizer, AstraZeneca, Coronavac/Vaksin PT Bio Farma, Zifivax, dan Sinopharm. Sejumlah vaksin Covid-19, datanya masih dilengkapi sebagai vaksin booster dengan melakukan uji klinik.

Diperkirakan dalam waktu dekat data tersebut akan lengkap sehingga BPOM bisa mengeluarkan emergency use authorization (EUA).

Berikut lima vaksin Covid-19 yang akan dijadikan vaksin booster pada Januari ini beserta rincian harganya, dikutip dari Kontan.co.id:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com