Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Jembatan Senilai Rp 10,8 Miliar Ini Ambruk, Belum Diresmikan Pemda Setempat

Kompas.com - 01/01/2022, 17:35 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

 

KOMPAS.com - Jembatan Tambakboyo di Sukaharjo, Jawa Tengah, yang memiliki nilai kontrak Rp 10,8 miliar ambruk hingga viral di media sosial.

Unggahan mengenai ambruknya jembatan gantung itu dibagikan di salah satu grup Facebook, Jumat (31/12/2021).

"Infone luurr bener gak, proyek jembatan Tambakboyo yg menelan angka 10 Miliar apa putus pas ujicoba. Desa tambakboyo kec tawangsari. Nilai anggaran 14 M, Nilai kontrak 10.5 M, L = 1.8 M, P = 200 M," tulis pemilik akun.

Dalam unggahan juga dibagikan foto jembatan yang bermodel gantung itu tampak putus hingga roboh ke sungai.

Selain itu, pemilik akun turut mengunggah tangkapan layar laman http://lpse.sukoharjokab.go.id yang menginformasikan soal tender jembatan Tambakboyo tersebut.

Baca juga: Viral, Unggahan Jembatan Tambakboyo di Sukoharjo Senilai Rp 10,8 Miliar Ambruk, Apa Penyebabnya?

Dari penelusuran Kompas.com dalam laman tersebut, pembangunan jembatan Tambakboyo yang letaknya ada di Desa Tambakboyo, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo memiliki nilai kontrak Rp 10.886.822.000.

Adapun sumber dananya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sukoharjo dengan nilai pagu paket Rp 14.963.841.400.

Tender pembangunan jembatan Tambakboyo dimenangkan oleh CV. Tunjung Jaya yang beralamat di Jalan Bekonang-Karanganyar, Jaten, Karanganyar.

Apa penyebab ambruknya jembatan Tambakboyo?

Saat dikonfirmasi, Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan membenarkan kejadian ambruknya jembatan Tambakboyo tersebut.

Ia mengatakan, jembatan yang menjadi penghubung Desa Tambakboyo dengan Desa Blerong, Kecamatan Tawangsari tersebut roboh pada Jumat (31/12/2021) sekitar pukul 09.30 WIB.

Ambruknya jembatan Tambakboyo, imbuhnya, diakibatkan tali pemancang yang lepas.

"Sekitar pukul 08.00 WIB, sebanyak lima orang pekerja melakukan pengecekan baut dan tali seling penahan jembatan karena tali seling penahan jembatan dirasa tidak seimbang atau kendor sebelah," ujar Wahyu, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (1/1/2022).

Untuk itu, para pekerja melakukan perbaikan pada baut pengunci tali seling.

"Sekitar pukul 09.30 WIB, tali seling penahan lepas dari pengunci dan mengakibatkan jembatan roboh ke sungai," imbuhnya.

Jembatan Tambakboyo belum diresmikan Pemda

Wahyu menuturkan, akibat kejadian itu, dua pekerja mengalami luka-luka, dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ir Soekarno, Sukoharjo.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com