Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Pulau yang Menyimpan Cadangan Emas Terbesar di Indonesia

Kompas.com - 26/12/2021, 21:11 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia merupakan negara yang menyimpan cadangan emas yang besar, Papua hanya salah satu pulau terbesarnya.

Banyak yang bertanya, pulau mana yang menjadi tempat cadangan emas di Indonesia.

Umum diketahui bahwa tambang emas terbesar di Indonesia terletak di Pulau Papua. Meski demikian, cadangan emas Indonesia di pulau lainnya juga masih tercatat begitu melimpah.

Betapa tidak, Indonesia memang menduduki posisi kelima sebagai pemilik cadangan emas terbesar di dunia.

Tak ayal, pertanyaan tentang daerah penghasil emas terbesar di Indonesia adalah salah satu yang sering mencuat.

Indonesia memiliki jumlah cadangan emas sebesar 2.600 ton au atau setara dengan 5 persen dari total cadangan emas dunia.

Data tersebut dikutip dari Booklet Emas yang dirilis Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) 2020 yang mengolah data USGS 2020.

"Indonesia memiliki cadangan emas 5 besar di dunia, artinya Indonesia berperan penting dalam penyediaan bahan baku emas dunia," tulis Booklet Emas Kementerian ESDM, dikutip Minggu (26/12/2021).

Baca juga: Daftar Pulau yang Memiliki Cadangan Emas Terbesar di Indonesia

Sementara itu, dari buku yang sama terdapat data berbeda yang bersumber dari Badan Geologi terkait sumber daya dan cadangan emas Indonesia.

Dari data tersebut disebutkan bahwa Indonesia memiliki sumber daya bijih emas mencapai 14,96 miliar ton, sumber daya logam emas sekitar 10.000 ton, cadangan bijih emas 3,56 miliar ton, dan cadangan logam emas 5.000 ton.

"Jumlah cadangan bijih emas Indonesia terbesar di Papua, yakni 52 persen," tulis Booklet Emas 2020 Kementerian ESDM tersebut.

Sedangkan Nusa Tenggara tercatat sebagai daerah yang memiliki sumber daya bijih emas terbesar di Indonesia dengan potensi mencapai 5 miliar ton emas.

Sebaran cadangan emas Indonesia

Berikut ini daftar lengkap sebaran cadangan emas Indonesia di berbagai pulau, dimulai dari Papua hingga sejumlah pulau lainnya.

1. Cadangan emas Indonesia di Pulau Papua

Cadangan bijih: 1,87 miliar ton.

Cadangan logam: 0,0015 juta ton.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com