Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Game "Kucing" Dalam Daftar Game Populer Google Sepanjang 2021

Kompas.com - 26/12/2021, 11:14 WIB
Artika Rachmi Farmita

Penulis

KOMPAS.com - Google merilis data tentang topik apa saja yang paling banyak dicari orang di mesin pencari (search engine), Google.com pada setiap penghujung tahun.

Menjelang akhir tahun 2021 ini, salah satu topik yang dirangkum adalah game yang paling banyak di-Googling sepanjang tahun 2021. Data itu dihimpun dari pengguna Google secara global.

Hasilnya, game "kucing" PopCat menjadi game yang paling banyak dicari tahun 2021.

Mungkin bagi Anda PopCat ini masih terdengar asing. Namun di dunia maya, kepopulerannya mampu mengalahkan popularitas game kenamaan sekelas FIFA 22 atau Genshin Impact.

Seperti apa PopCat game ini?

Baca juga: Mobile Legends: Bang Bang Game Terbaik DGA 2021

Mengenal game "kucing" PopCat

Sekilas tentang game PopCat, game ini memang sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu. Salah seorang Youtuber dengan nama Hans Chew, sempat mengunggah video bermain PopCat di kanalnya dan berhasil mendapat jumlah tontonan sebanyak 1,3 juta kali.

PopCat bukan tergolong game berat yang membutuhkan spesifikasi perangkat tinggi. Game ini juga tidak memiliki aplikasi khusus yang bisa diunduh lewat toko aplikasi macam Google Play Store atau App Store.

PopCat merupakan game berbasis website yang bisa diakses di situs berikut ini.

Cara bermainnya pun sangat mudah. Anda hanya perlu meng-klik gambar kucing yang muncul di website itu sebanyak mungkin untuk memperoleh poin.

Poin klik yang Anda dapatkan itu, akan diakumulasikan dengan perolehan poin dari pemain lain, yang satu negara dengan Anda.

Jadi, game ini seolah membuat kompetisi klik antar negara. Tidak banyak informasi yang dapat diperoleh di website dari PopCat, tampilannya hanya gambar kucing dan daftar peringkat negara dari jumlah klik yang diperoleh.

Baca juga: Daftar Game Mobile dengan Penghasilan Tertinggi 2021, PUBG Mobile Teratas

Ilustrasi game PopCat yang jadi game paling populer di mesin pencarian Google sepanjang tahun 2021 mengalahkan FIFA 22 dan Genshin Impact.Kompas.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi game PopCat yang jadi game paling populer di mesin pencarian Google sepanjang tahun 2021 mengalahkan FIFA 22 dan Genshin Impact.

PopCat: paling banyak dicari warganet seluruh dunia

Melansir situs resmi University of Sheffield (9/12), PopCat dikembangkan oleh tiga orang mahasiswa ilmu komputer Universitas Sheffield di Inggris. Mereka adalah Joshua O'Sullivan, Edward Halis and Freddy Heppell. 

Trio ini mengungkap apabila game ini dikembangkan secara spontan. Mereka juga tidak pernah menyangka apabila game yang sudah dikembangkan sejak akhir 2019 ini, akan menjadi viral di media sosial.

Mereka menyebut jika awal mula pengembangan game ini dilandaskan pada kesenangan mereka pada meme.

Gambar Kucing yang ada di PopCat sendiri diambil dari meme yang sudah banyak bertebaran di media sosial.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com