Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman Hias Ini Bisa Digunakan sebagai Pengganti Pohon Natal

Kompas.com - 25/12/2021, 13:35 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Suasana Natal menjadi semakin meriah dengan aneka dekorasi dan hiasan di rumah. Mulai dari lampu warna-warni hingga meletakkan dan menghias pohon Natal.

Meski tidak wajib, pohon Natal memang sangat identik dengan perayaan Hari Raya Natal. Kendati begitu, Anda yang memiliki ruangan kecil atau terbatas, tentu sulit untuk meletakkan pohon Natal di sudut-sudut rumah.

Namun tidak perlu khawatir, sebagai alternatif, terdapat tanaman-tanaman hias yang bisa difungsikan sebagai pengganti pohon Natal.

Dilansir dari Apartment Therapy via Kompas.com, berikut ini lima tanaman hias yang dapat menjadi pengganti pohon Natal.

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Dapat Menjadi Pengganti Pohon Natal

Hiasan pohon Natal yang terinspirasi Hong Kong.Dok. Hong Kong Tourism Board/annie gallivan Hiasan pohon Natal yang terinspirasi Hong Kong.

1. Pohon cemara norflox (Araucaria heterophylla)

Tanaman cemara norflox memiliki ketinggian yang lebih rendah daripada pohon cemara biasa, sekitar 90-150 sentimeter. Dengan ukuran tersebut, pohon ini tentu tidak akan menyesakki ruangan.

Namun sebagai catatan, cabang-cabang pada cemara norflox tidak sekuat pada pohon cemara biasa atau pinus. Karena itu, untuk menghiasnya sebaiknya gunakan ornamen-ornamen yang ringan saja, misalnya bunga.

Baca juga: Tak Hanya Pohon Natal, Inilah Hiasan yang Bisa Percantik Rumah

2. Wepping fig

Berikutnya ada tanaman hias wepping fig. Tanaman hias yang satu ini bisa diletakkan di rumah sebagai pengganti pohon Natal. Daya tarik dari wepping fig ini ialah daunnya yang berjatuhan satu sama lain.

Kendati tidak benar-benar menyerupai pohon Natal, tanaman wepping fig akan sama meriahnya dengan pohon Natal setelah dihiasi berbagai ornamen. Dengan sendirinya, weeping fig dapat menjadi pusat perhatian pada setiap ruangan.

Untuk mempersiapkannya sebagai pengganti pohon Natal, tambahkan beberapa ornamen merah sehingga semakin menarik perhatian.

3. Leyland cypress

Selanjutnya ada tanaman hias leyland cypress. Tanaman yang memiliki daun berbulu hijau tua ini dapat menjadi alternatif pohon Natal yang sangat baik.

Leyland cypress yang sudah dihias dengan aksesori-aksesori Natal terlihat sangat cantik bila diletakkan di sudut-sudut ruangan rumah.

Ilustrasi tanaman hias yang dapat menjadi pengganti pohon NatalUnsplash/Andrew Reshetov Ilustrasi tanaman hias yang dapat menjadi pengganti pohon Natal

4. Rosemary

Tanaman rosemary juga bisa dibuat menjadi pohon Natal mini. Pangkas dan tata rosemary menjadi bentuk kerucut. Batangnya yang kokoh dapat menampung ornamen dan lampu dengan mudah.

Baca juga: 12 Rahasia Pohon Natal yang Perlu Kita Ketahui

5. Lemon cypress

Tanaman lemon cypress memiliki aroma segar yang dapat mengharumkan ruangan. Selain itu sentuhan warna hijau dan bentuknya yang mengerucut membuat lemon cypress tampak seperti pohon Natal mini.

Anda bisa meletakkan lemon cypress di sudut-sudut ruangan di mana saja, dengan tambahan hiasan-hiasan Natal kecil agar pohon yang satu ini terlihat lebih cantik.

(Sumber:Kompas.com/Aniza Pratiwi | Editor: Esra Dopita Maret)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com