Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Polri Mutasi Perwira Tinggi, Termasuk Firli Bahuri

Kompas.com - 19/12/2021, 10:30 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi jabatan di lingkungan Polri. Mutasi tersebut antara lain tertuang dalam surat telegram bernomor ST/2568/XII/KEP/2021.

Terdapat beberapa nama perwira tinggi (Pati) Polri yang ikut dimutasi. Di antaranya adalah Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komjen Pol Firli Bahuri dan sejumlah Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda).

Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, mutasi tersebut dalam rangka penyegaran dan ada beberapa yang sudah memasuki masa pensiun.

Baca juga: Kapolri Mutasi Sejumlah Perwira Tinggi, Ada Nama Firli Bahuri

“Ya benar proses mutasi secara alamiah, yang pensiun dan tour of duty and area, serta penyegaran,” sebut Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo pada wartawan, Sabtu (18/12/2021).

Berikut ini adalah Kapolda yang dirotasi jabatannya oleh Kapolri:

  • Kapolda Bengkulu Irjen Pol Guntur Setyanto ditarik menjadi Pejabat Tinggi (Pati) Bareskrim Polri karena memasuki masa pensiun. Jabatan Kapolda Bengkulu digantikan Irjen Pol Agung Wicaksono.
  • Kemudian Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri dimutasi menjadi Pati Sahli Kapolri karena akan pensiun. Posisi yang ditinggalkan oleh Refdi diisi Irjen Pol Lotharia Latif yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda NTT.
  • Sementara itu, Kapolda NTT dijabat Brigjen Pol Setyo Budiyanto yang sebelumnya bertugas sebagai Direktur Penyelidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
  • Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Riau diangkat menjadi Asops Kapolri.
  • Kapolda Riau dijabat Irjen Pol Muhammad Iqbal yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda NTB.
  • Sementara Kapolda NTB yang baru adalah Brigjen Pol Djoko Poerwanto yang sebelumnya menjadi Dirtipidkor Bareskrim Polri.
  • Terakhir Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pol Remigius Sigid Tri dipindah menjadi Kadivkum Polri. Ia digantikan oleh Irjen Pol Suryanbodo Asmoro.

Baca juga: Ketua KPK Firli Bahuri Dimutasi Polri, Ini Posisinya

Sedangkan Ketua KPK Firli Bahuri dimutasikan sebagai Pati Bareskrim Polri dalam rangka pensiun.

Sebelumnya, Firli menjabat sebagai Analis Kebijakan Utama Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Polri yang saat ini sedang dalam penugasan di KPK.

Pada 8 Desember 2021, Firli berusia 58 tahun atau sudah memasuki masa pensiun. Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, meski memasuki usia pensiun, Firli tetap akan menjabat sebagai Ketua KPK hingga periode jabatannya selesai.

“Ya tetap (Ketua KPK) sampai 2023 masa jabatannya berakhir di KPK,” sebut Dedi dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu (18/12/2021).
“Pensiun hanya pangkatnya (sebagai polisi) saja,” sambungnya.

Baca juga: Kapolri Mutasi 7 Kapolda, Ini Daftarnya

Diketahui Kapolri menerbitkan empat surat telegram mutasi dan rotasi sejumlah perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen), yakni ST/2567/XII/KEP./2021, ST/2569/XII/KEP./2021, ST/2568/XII/KEP./2021 dan ST/2570/XII/KEP./2021. Total sebanyak 660 orang perwira Polri yang dirotasi dan mutasi.

(Sumber:Kompas.com/Tatang Guritno | Editor: Krisiandi)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com