Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ular Bisa Memakan Dirinya Sendiri, Salah Satu Penyebabnya Adalah Stres

Kompas.com - 18/12/2021, 20:30 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Ular memiliki beberapa kemampuan yang terbilang unik, salah satunya adalah memakan tubuhnya sendiri. 

Cara ular memakan tubuhnya sendiri pun sama seperti mereka menyantap mangsa, yakni ular menelan tubuhnya mulai dari ekor secara utuh.

Lantas, apa yang menyebabkan ular memakan dirinya sendiri

Dilansir dari IFL Science melalui Kompas.com, Kamis (16/12/2021), ular termasuk hewan berdarah dingin sehingga mereka tidak dapat mengatur suhu tubuh mereka sendiri.

Ular membutuhkan sumber panas eksternal seperti matahari atau lampu, dalam kasus ular peliharaan, untuk menghangatkan diri. 

Baca juga: Mengusir Ular Dari Rumah Tapi Takut? Coba Tanam 7 Tanaman Ini

Tetapi, jika ular menjadi terlalu hangat atau panas, mereka pun tidak bisa mengeluarkan keringat untuk mendinginkan diri dan harus mencari perlindungan di tempat yang sejuk dan teduh. 

Jika ular menjadi terlalu panas, mereka biasanya menjadi bingung dan kehilangan arah. 

Saat itu, ular pun mengalami peningkatan metabolisme yang signifikan sehingga mereka memiliki rasa lapar yang salah dan keinginan untuk menyantap hal pertama yang mereka lihat. 

Karena ular yang berada di penangkaran biasanya hidup sendiri dan makanan tidak tersedia secara rutin untuk mereka, ular tersebut akhirnya memakan diri mereka sendiri. 

Selain alasan tersebut, ular juga dapat menyerang diri mereka sendiri jika mereka memiliki penglihatan yang berkurang dan salah mengira bahwa ekor mereka adalah mangsa.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mencegah Ular Masuk Rumah Saat Musim Hujan

Ketika ular mulai melakukan kanibalisme terhadap dirinya sendiri, menurunkan suhu dengan mematikan lampu pemanas dan menyiram ular dengan air dingin dapat membantu mengurangi stres sehingga ular dapat melepaskannya tubuhnya, meskipun terkadang intervensi oleh dokter hewan diperlukan. 

Kondisi demikian tidak bisa dibiarkan karena berakibat fatal. Pasalnya, tubuh ular telah berevolusi untuk menjebak makanan dan membimbingnya masuk sehingga akan sulit bagi mereka untuk melepaskannya begitu mereka mulai makan ekornya sendiri.

Dilansir dari Animal Food Planet, ada beberapa hal yang bisa dilakukan para pemilik ular untuk menghindari hewan peliharaannya ini memakan dirinya sendiri.

Pertama, atur suhu tangki ular dengan tepat. Ingat, ular peliharaan harus bisa mengatur suhunya sendiri dengan ditempatkan pada tangki dengan sudut hangat, sementara sudut lain dapat digunakan untuk mendinginkan diri. Pastikan ada pemandian air kecil untuk membantu mendinginkan ular.

Kedua, bantu ular agar tidak stres. Ular di penangkaran atau ular yang dipelihara bisa mengalami stres ketika mereka tidak memiliki cukup ruang, tidak diberi makan secara teratur, sakit, atau ketika mereka terkena gangguan seperti orang mengetuk jendela tangki atau pencahayaan yang konstan.

Baca juga: Pekerja Terkejut, Temukan 2 Ular Piton Ratusan Kilogram di Lokasi Konstruksi

Lakukan perawatan secara rutin, seperti menyiram, memberi makan, memanaskan, dan lain-lain. Setiap jenis ular memiliki kebutuhan makanannya sendiri, jadi pastikan untuk memberi makan dengan tepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com