Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mudah Menanam Caisim Hanya Gunakan Botol Platik Bekas

Kompas.com - 12/12/2021, 14:32 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Caisim atau sawi adalah salah satu jenis tanaman sayuran yang enak dan cocok dicampur dengan makanan apa saja.

Sawi biasanya bisa dibuat menjadi sayur bening, tambahan bakso, mie ayam, mie instan, mie goreng dan lainnya.

Sawi sendiri memiliki kandungan gizi yang banyak yang sangat bermanfaat untuk tubuh, seperti menyehatkan tulang, mencegah penyakit kanker, membantu mencegah sembelit karena kaya serat dan kandungan air.

Jika kamu gemar memakan sawi untuk diolah menjadi berbagai macam masakan, maka kamu sebaiknya menanam tanaman sawi di rumahmu, agar kamu tidak perlu repot-repot membelinya ke pasar.

Menanam tanaman sawi di rumah tidaklah begitu sulit, bahkan kamu bisa menumbuhkannya di dalam botol plastik bekas.

Jika kamu tertarik untuk menanam tanaman sawi di botol bekas, berikut ini beberapa cara yang perlu dilakukan, dilihat dari kanal Youtube, Otak Atik Gathuk, Rabu (10/2/2021).

Alat-alat:

Baca juga: Cara Menanam Sawi Menggunakan Botol Plastik Bekas

  • Botol bekas air mineral ukuran 1,5 liter
  • Gunting
  • Solder atau paku
  • Media tanam tanah
  • Pupuk kandang
  • Sekam bakar
  • Bibit benih sawi yang telah disemai setelah 4 hari

Cara pembuatan

1. Potong botol plastik air mineral menjadi dua bagian.

2. Setelah botol plastik dipotong jadi 2 bagian, lubangi atau bolongi botol plastik menggunakan soldier atau paku yang berfungsi untuk mengalirkan air keluar agar media tanam tidak tergenang air, sehingga tanaman sawi terjaga.

3. Setelah botol plastik siap dijadikan wadah untuk menanam sawi, masukkan tanah, sekam bakar, dan pupuk kandang. Apabila tidak ada sekam bakar, tidak masalah.

Perbandingan jumlah tanah dan pupuk kandang bisa 1 banding 1 atau 1 banding setengah, jadi tanah bisa sebanyak 1 bagian dan pupuk kandang bisa sebanyak 1 atau setengah bagian, itu sudah cukup karena nanti akan ada pemupukan ulang. Masukkan media tanam sampai memenuhi botol plastik.

4. Setelah media tanam yang berisi tanah dan pupuk kandang dimasukkan ke dalam botol plastik, kamu bisa menyiram sedikit air.

5. Masukkan bibit sawi yang telah disemai setelah 4 hari, ketika 2 daunnya sudah muncul. Walaupun masih kecil, bibit sawi yang telah disemai kamu pindah tanamkan ke wadah botol plastik.

Langsung memindah tanamkan benih sawi yang baru disemai 4 hari ke wadah baru dikatakan sebagai cara yang efektif.

Benih sawi yang baru mekar langsung kamu letakkan ke wadah baru membuat mereka akan terus tumbuh berkembang dan berkembang.

Sebab, kalau benih yang disemai sudah agak besar lalu baru dipindah tanamkan, kadang-kadang sempat ada masa-masa transisi ketika dipindahkan.

Baca juga: 5 Manfaat Sawi Putih untuk Kesehatan

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com