Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Sinopsis YUNI, Film yang Wakili Indonesia di Seleksi Oscar 2022

Kompas.com - 04/12/2021, 13:00 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Film YUNI garapan sutradara Kamila Andini terpilih mewakili Indonesia untuk bersaing dalam seleksi menuju ajang Academy Awards ke-94 atau Piala Oscar 2022.

YUNI akan bersaing dengan film-film dari berbagai penjuru dunia untuk masuk sebagai nominasi Oscar di kategori The International Features Film Award atau Film Berbahasa Asing terbaik.

Sinopsis YUNI

Film YUNI bercerita tentang seorang remaja perempuan yang cerdas bernama Yuni (Arawinda Kirana). Ia memiliki mimpi besar setelah lulus SMA untuk berkuliah. Namun, Yuni ternyata dilamar oleh seorang laki-laki yang bahkan tidak dikenalnya.

Yuni memutuskan untuk menolak lamaran tersebut. Tapi, selang beberapa waktu, ia dilamar kembali oleh seorang laki-laki. Lagi-lagi dengan masih memegang teguh mimpinya, Yuni kembali menolak lamaran itu. Sampai akhirnya lamaran ketiga datang.

Akankah Yuni masih tetap ingin mengejar mimpinya? Kisah Yuni merupakan bentuk representasi suara perempuan terhadap hidup, khususnya di Indonesia.

Baca juga: Sinopsis YUNI, Film Karya Kamila Andini yang Menang Penghargaan TIFF 2021

Film YUNI banyak raih penghargaan

Selain terpilih mewakili Indonesia untuk bersaing di seleksi Piala Oscar, YUNI terbilang cukup sukses dengan meraih sejumlah penghargaan baik di dalam dan luar negeri.

Di antaranya memenangkan Platform Prize di ajang Toronto International Film Festival (TIFF) 2021 pada September lalu.

Menurut Ketua Dewan Juri TIFF 2021, Riz Ahmed, YUNI berhasil membawa perspektif baru dalam sebuah cerita remaja.

"Juri tersentuh oleh film yang membawa perspektif baru dan intim untuk sebuah cerita remaja, yang ditandai dengan struktur yang subtil, penggambaran yang indah, dan sinematografi yang halus,” tutur Riz Ahmed dikutip dari berita Kompas.com, Minggu (19/9/2021)

Baca juga: Serba-serbi Film Yuni, Menang Platform Prize di Toronto International Film Festival

YUNI juga mendapat kesempatan diputar di banyak festival film internasional di berbagai negara, salah satunya Festival Film Fra Sor, yang merupakan festival film terbesar di Norwegia yang menampilkan film-film internasional.

Selain YUNI, dalam ajang tersebut tiga film Indonesia lainnya juga mendapat kesempatan yang sama, yakni Sekala Niskala, Laut Bercerita, serta Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas.

Di dalam negeri, YUNI berhasil meraih 14 nominasi dalam ajang Festival Film Indonesia (FFI) 2021, termasuk di antaranya nominasi sutradara terbaik, nominasi pemeran utama perempuan terbaik, pemeran pendukung perempuan terbaik, dan film cerita panjang terbaik.

Lewat peran apiknya, Arawinda Kirana berhasil membawa pulang penghargaan pemeran utama perempuan terbaik di FFI 2021 lalu.

Film YUNI sudah diputar secara terbatas di beberapa bioskop dan akan tayang serentak di seluruh bioskop di Indonesia mulai 9 Desember 2021 mendatang.

(Sumber:Kompas.com/Abraham William | Editor: Biru Cahya Imanda)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com