Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Banser Berlatih Dibacok Viral, Ketua GP Ansor: Pak Erick Juga Gabung

Kompas.com - 01/12/2021, 11:48 WIB
Farid Assifa

Penulis

KOMPAS.com - Viral video anggota Banser berlatih tangan dibacok dengan golok tetapi kebal. Video tersebut menyebar di media sosial dan grup-grup WhatsApp.

Dalam video itu tampak belasan orang yang telanjang dada dengan celana mirip seragam Banser dibacok tangannya satu per satu. Mereka antre untuk dibacok tangannya berulang-ulang sambil melantunkan shalawat.

Dikonfirmasi via sambungan WahtsApp, Ketua GP Ansor Rahmat Hidayat Pulungan membenarkan video tersebut. Ia mengatakan video itu merupakan adegan dalam pelatihan dasar untuk menjadi anggota Banser. Adegan dalam video itu berlokasi di Sekolah Citra Alama Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu (28/11/2021) lalu.

Pria yang akrab disapa Bang Ucok ini mengatakan, adegan itu merupakan latihan dasar untuk ketahanan tubuh. Mereka dibacok untuk menguji daya tahan dan kekebalan tubuh.

Baca juga: Alasan Ansor-Banser Terima Erick Thohir Sebagai Anggota Kehormatan

Meski demikian, kata Rahmat, pada prinsipnya, pendidikan dasar itu merupakan sebuah simbol melatih keteguhan hati dan kesabaran.

"Itu tujuan utama latihan tersebut. Jadi bukan hanya sebatas fisik, tetapi juga batin," kata Rahmat kepada Kompas.com via WhatsApp, Rabu (1/12/2021).

Ketika ditanya apakah Menteri BUMN Erick Thohir juga ikut berlatih fisik seperti itu, Rahmat mengatakan bahwa semua calon anggota Banser wajib mengikuti tahapan itu.

"Ya, beliau (Erick Thohir) juga gabung. Cuma memang tidak tersorot dalam video itu," kata Rahmat.

Menurutnya, semua calon anggota Banser, termasuk Erick Thohir, sebelumnya mengamalkan semacam wirid dan doa-doa sebelum diuji fisik tersebut.

"Meski Pak Erick kebal namun jangan dipertunjukkan atau digunakan untuk hal-hal negatif. Intinya bahwa latihan itu pada dasarnya melatih diri agar sabar dan tahan atas setiap caci maki orang lain. Itu yang pentingnya," kata Rahmat.

Erick dilantik jadi anggota Banser

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir dilantik menjadi anggota Banser pada Minggu lalu. Namun sebelum resmi menjadi anggota Banser, Erick harus mengikuti pendidikan dan pelatihan dasar organisasi.

Rahmat mengatakan, Erick masuk menjadi anggota Banser karena sudah memenuhi peraturan dasar dan peraturan rumah tangga organisasi.

Sementara itu, Erick Thohir mengatakan, ia sangat terhormat menjadi anggota Banser yang merupakan badan otonom dari Nahdlatul Ulama.

"Ini suatu kehormatan luar biasa yang tidak terhingga buat saya karena bisa menjadi keluarga Banser," kata Erick sebagaimana dilansir dari Antara, Minggu.

Baca juga: Erick Thohir Dilantik Jadi Anggota Kehormatan Banser

Erick menilai, selama ini Banser telah berkomitmen jihad untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Organisasi itu juga dinilai menjunjung tinggi keberagaman dan perbedaan yang menjadi kekuatan bagi Indonesia.

"Keberagaman dan perbedaan itulah yang menjadi kekuatan kita," kata Erick.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com