Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Tempat-tempat Terdalam yang Ada di Dunia

Kompas.com - 27/11/2021, 16:35 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Dunia yang begitu luas memiliki banyak tempat-tempat yang masih menjadi misteri. Sebagian tempat di planet Bumi ini bahkan memiliki kedalaman luar biasa yang sulit dijangkau oleh manusia.

Mulai dari itu lubang terdalam hingga palung terdalam di dunia. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah tempat-tempat terdalam yang ada di dunia.

1. Lubang terdalam di dunia

Kola Superdeep Borehole.Wikimedia Commons Kola Superdeep Borehole.

Yang pertama adalah sebuah lubang di Murnmansk, Rusia. Lubang ini kecil, hanya memiliki diameter sebesar 23 cm.

Namun, kedalaman lubang yang diberi nama Kola Superdeep Borehole ini mencapai 12.262 meter di bawah permukaan Bumi. Ini menjadikan Kola Superdeep Borehole sebagai lubang terdalam di Bumi.

Baca juga: Melihat Kola Superdeep Borehole, Lubang Terdalam di Bumi

Lubang ini juga dijuluki sebagai “sumur neraka”. Diameternya yang sangat kecil, membuat lubang ini tidak mungkin dimasuki oleh Manusia.

Diperkirakan untuk mencapai dasarnya dibutuhkan waktu hingga 20 tahun. Penggalian lubang ini semula dimaksudkan untuk mencapai kedalaman 14.500 meter, namun para ilmuwan dan insinyur harus menyerah ketika mereka mencapai suhu tinggi yang tak terduga.

Pada kedalaman 12.626 meter, terdapat batuan berusia 2,7 miliar tahun yang memiliki suhu sekitar 180 derajat celcius. Pengeboran terakhir Kola Superdeep Borehole terjadi pada tahun 1992.

2. Palung terdalam di dunia

Palung Mariana, tempat paling dalam di Bumi tribunnewswiki.com/instagram/ultra.hd.pic Palung Mariana, tempat paling dalam di Bumi

Berapa kedalaman dasar laut? Hal itu mungkin jadi pertanyaan banyak orang. Salah satu titik terdalam yang terdapat di laut ada di Palung Mariana.

Terletak di Samudera Pasifik bagian barat, Palung Mariana berbentuk cekungan melengkung dan membentang sejauh 1.580 mil atau sekitar 2.540 kilometer. Palung ini memiliki ukuran lebar sekitar 43 mil atau setara dengan 69 kilometer.

Baca juga: Fakta Unik Palung Mariana, Palung Terdalam di Dunia

Dikutip dari National Geographic, titik terdalam pada Palung Mariana terletak di Challenger Deep. Kedalaman Palung Mariana mencapai 36.201 kaki atau 11.304 meter.

Sebagai pembanding, apabila gunung tertinggi di muka bumi, Gunung Everest diposisikan di Palung Mariana, puncak tertinggi gunung itu masih tetap berada di kedalaman tujuh ribu kaki atau 2.133 meter di bawah permukaan air laut.

Diperkirakan ada lebih dari 200 mikroorganisme laut dan makhluk kecil yang bisa hidup di kedalaman Palung Mariana.

3. Sungai terdalam di dunia

Sungai KongoWikimedia Commons Sungai Kongo

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com