Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggapan Kemenhub Soal Kabar Bandara Halim Akan Ditutup

Kompas.com - 13/11/2021, 16:00 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Bandara Halim Perdanakusuma direncanakan akan ditutup secara bertahap untuk penerbangan komersial. Mengenai ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah membenarkan bahwa Bandara Halim akan ditutup.

Penutupan Bandara Halim akan dimulai sejak bulan November 2021 hingga 9 bulan mendatang. Dengan penutupan ini, penerbangan komersial reguler dari Bandara Halim akan dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Novie Riyanto mengatakan, penutupan Bandara Halim dilakukan dengan tujuan melaksanakan revitalisasi, terutama perbaikan landasan pacu.

"Saat ini tengah dibahas berbagai hal yang harus dipersiapkan terkait dampak dari proses revitalisasi ini yang memerlukan waktu kurang lebih satu tahun," ujar Novie dalam keterangannya, sebagaimana diberitakan Kompas.com, Sabtu (6/11/2021).

Novie menambahkan, faktor yang mendorong penutupan Bandara Halim adalah kualitas infrastuktur yang sudah tidak layak dan perlu perbaikan.

Baca juga: Bandara Halim Perdanakusuma akan Ditutup, Ini Penyebabnya

Menurut Novie, perbaikan perlu dilakukan agar faktor keselamatan penerbangan di Bandara Halim dapat ditingkatkan.

Novie mengatakan bahwa pihaknya tengah merancang desain untuk revitalisasi yang mencakup rekonstruksi landasan pacu dan perbaikan sistem drainase.

Penutupan Bandara Halim Perdanakusuma sudah dibicarakan dalam rapat pada 1 November 2021. Rapat tersebut dipimpin oleh Executive General Manager PT Angkasa Pura II (AP II) Marsma TNI Nandang Sukarna.

Rapat tersebut dihadiri pula oleh pihak Bandara Soekarno-Hatta, perwakilan maskapai Travira Air, Batik Air, Citilink, dan Premi Air Group terkait rencana Bandara Halim ditutup.

(Penulis: Muhammad Idris)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com