Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Es Cendol Elizabeth, Kuliner Khas Bandung untuk Diplomasi

Kompas.com - 13/11/2021, 12:59 WIB
Farid Assifa

Penulis

KOMPAS.com - Bandung memiliki banyak kuliner yang melegenda, salah satunya adalah es cendol Elizabeth.

Minuman ini sempat menjadi hidangan yang disajikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk Menteri Luar Negeri Inggris Elizabeth Truss di Gedung Creative Center, Kota Bogor, Jumat (12/11/2021) kemarin.

Kebetulan nama menlu dan kuliner ini sama, yakni Elizabeth. Bahkan es cendol ini menjadi suguhan diplomasi antara Pemprov Bandung dengan Inggris.

Melansir Tribunnews.com, cendol Elizabeth sudah berusia 42 tahun dan hingga kini masih tetap bertahan.

Cendol Elizabeth mulai dijual pada tahun 1972 oleh seorang pria bernama Rohman.

Baca juga: Saat Ridwan Kamil Suguhkan Minuman Cendol untuk Menlu Inggris Elizabeth Truss

Saat itu, Rohman berjuala es cendol Elizabeth dengan menggunakan roda dan mangkal di depan toko tas Elizabeth di Jalan Oto Iskandardinata.

Karena sering mangkal di depan toko tas itulah kemudian es cendol ini dikenal dengan nama Elizabeth.

Cendol Elizabeth tidak asing lagi di Kota Bandung. Bukan hanya terkenal di Kota Bandung, Es Cendol Elizabeth sudah melegenda dan terkenal seantero Nusantara, bahkan hingga mancanegara.

Pada Ramadhan, Es Cendol Elizabeth menjadi kuliner buruan warga Kota Bandung dan sekitarnya. Rasanya yang menyegarkan membuat minuman ini menjadi pilihan saat iftar.

Menurut pengelola Es Cendol Elizabeth, Nur Hidayah, penjualan cendol Elizabeth biasanya selalu meningkat setiap Ramadan.

Kecuali, katanya, Ramadhan tahun lalu karena ada pemberlakuan lockdown di mana-mana. Menurutnya, penjualan cendol relatif berjalan melambat.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil punya cara unik saat menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Inggris Elizabeth Truss di Gedung Creative Center, Kota Bogor, Jumat (12/11/2021).

Pria yang akrab disapa Emil itu menyediakan minuman khas asal Bandung, Cendol Elizabeth.

“Kami sangat berbangga dan dapat kehormatan kunjungan Menteri Luar Negeri Inggris Elizabeth Truss, dan yang paling istimewa beliau senang sekali meminum cendol itu yang utama. Ternyata ada Cendol Elizabeth yang terkenal di Jabar dan nama beliau adalah Elizabeth,” ujar Emil dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga: 5 Olahan Sagu Khas Papua, dari Papeda hingga Es Cendol Sagu

Karena tertarik, Menlu Inggris pun menawarkan Pemprov Jabar untuk membuka kafe es cendol di London sebagai tanda diplomasi kedua belah pihak. “Jadi beliau meminta kalau bisa buka restoran di London ada cendolnya lah, itu tentang diplomasi cendolnya,” ujar Emil.

(Sebagian dikutip dari Sumber: Kompas.com/ Penulis: Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani | Editor: I Kadek Wira Aditya)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com