Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Enak, Ternyata Jeron Punya Manfaat bagi Kesehatan

Kompas.com - 13/11/2021, 07:03 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Orang Indonesia biasanya menyukai daging organ atau jeroan untuk diolah kembali menjadi masakan khas, seperti sambal, soto dan lainnya.

Jeroan memang enak sekali dan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Namun daging organ dianggap buruk bagi kesehatan karena kandungan kolesterol yang tinggi.

Tidak selalu buruk, ternyata jeron juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Berikut ini manfaat jeroan bagi kesehatan yang dilansir dari Medical News Today:

Hati

Hati adalah daging organ yang paling padat nutrisi , dan merupakan sumber vitamin A yang kuat.

Vitamin A bermanfaat untuk kesehatan mata dan untuk mengurangi penyakit yang menyebabkan peradangan, termasuk segala sesuatu mulai dari penyakit Alzheimer hingga radang sendi.

Hati juga mengandung asam folat, zat besi, kromium, tembaga, dan seng dan dikenal sangat baik untuk jantung dan untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.

Baca juga: Sering Dianggap Sumber Penyakit, Kenali Manfaat Jeroan bagi Kesehatan

Ginjal

Kaya akan nutrisi dan protein, daging ginjal mengandung asam lemak omega 3. Ia juga dikenal mengandung sifat anti-inflamasi dan baik untuk jantung.

Otak

Daging otak mengandung asam lemak omega 3 dan nutrisi, yakni phosphatidylcholine dan phosphatidylserine, yang baik untuk sistem saraf.

Antioksidan yang diperoleh dengan mengonsumsi daging otak juga membantu dalam melindungi otak manusia dan sumsum tulang belakang dari kerusakan.

Jantung

Jantung kaya akan folat , zat besi, seng, dan selenium. Jantung juga merupakan sumber vitamin B2, B6, dan B12, ketiganya berada dalam kelompok yang dikenal sebagai vitamin B kompleks.

Vitamin B yang ditemukan dalam daging organ memiliki efek kardioprotektif, yang berarti melindungi dari penyakit jantung .

Vitamin B juga berhubungan dengan menjaga kesehatan tekanan darah, menurunkan kolesterol tinggi, dan membentuk pembuluh darah yang sehat.

Mereka bermanfaat bagi otak dan telah ditemukan untuk mengurangi risiko penyakit Alzheimer, demensia, depresi, dan kecemasan.

Daging jantung juga merupakan sumber koenzim Q10 (CoQ10). Ini adalah antioksidan dan dapat membantu mengobati dan mencegah penyakit tertentu, terutama penyakit jantung.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com