Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Jenis Olahraga yang Cocok untuk Turunkan Kolesterol

Kompas.com - 07/11/2021, 14:41 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Rutin olahraga dapat membantu Anda untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Kolesterol yang tidak terkontrol dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, serangan jantung, hingga risiko terkena stroke dan penyumbatan arteri.

Apa itu kolesterol?

Sebelum mengetahui cara menurunkan kolesterol dengan olahraga, harus diketahui bahwa di dalam tubuh manusia terdapat dua jenis kolesterol.

Keduanya yakni High-density lipoprotein (HDL) yang dikenal sebagai kolesterol baik dan Low-density lipoprotein (LDL) yang dikenal sebagai kolesterol jahat.

Baca juga: 4 Olahraga Terbaik untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kolesterol jahat atau LDL inilah yang dapat menimbulkan risiko penyakit seperti jantung atau stroke. Hal itu karena kolesterol jahat yang tinggi dapat merusak arteri.

Di sisi lain kolesterol baik atau HDL dapat membantu menghilangkan kolesterol jahat dari aliran darah sehingga organ-organ pada tubuh kita bisa berfungsi dengan baik.

Untuk itu, penting untuk mengetahui tingkat kolesterol jahat pada tubuh. Ketika dokter sudah memberi tahu Anda bahwa kadar kolesterol LDL di tubuh perlu diturunkan, itu artinya saatnya Anda untuk rutin berolahraga.

Menurut ahli jantung dari Cleveland Clinic, dr Leslie Cho, MD, sangat bagus untuk memulai olahraga ketika Anda harus menurunkan kolesterol jahat.

“Tapi tidak berhenti di situ. Penting untuk menggabungkan olahraga dengan pilihan pola makan dan gaya hidup yang lebih sehat untuk mendapatkan dampak yang besar,” ujar Cho.

Olahraga untuk turunkan kadar kolesterol

Olahraga berperan untuk menghilangkan kolesterol jahat dengan cara meningkatkan kolesterol HDL atau baik.

Tak hanya berolahraga, cara lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan HDL adalah dengan menurunkan berat badan dan diet tinggi lemak trans.

Ilustrasi kolesterol tinggi yang bisa menyebabkan serangan jantung.

SHUTTERSTOCK/JARUN ONTAKRAI Ilustrasi kolesterol tinggi yang bisa menyebabkan serangan jantung.

Baca juga: 4 Penyebab Kolesterol Tinggi pada Anak

Melansir Kompas.com (4/11/2021), menurut American Heart Association, kolesterol jahat yang tinggi bisa disebabkan oleh dua elemen yang berhubungan dengan gaya hidup tidak sehat, yakni:

  • Kurang olahraga dan,
  • Kelebihan berat badan.

Dari alasan tersebut, jelas terjawab mengapa olahraga bisa menjadi solusi tepat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Olahraga terbaik untuk menurunkan kolesterol

1. Jalan cepat atau jogging

Olahraga yang pertama adalah jalan cepat atau jogging. Jenis olahraga ini terbilang mudah dan bisa dilakukan di mana saja.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com