Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Sungai yang Paling Panjang di Dunia

Kompas.com - 07/11/2021, 08:00 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com – Sungai merupakan elemen yang penting bagi kehidupan masyarakat. Salah satu manfaatnya adalah sebagai sumber pangan bagi masyarakat di sekitarnya.

Sejumlah negara memiliki sungai yang dinobatkan sebagai sungai terpanjang di dunia. Sungai-sungai tersebut mengalir hingga ribuan kilometer dan menjadi sumber air utama bagi banyak negara.

Sebagaimana diberitakan Kompas.com, berikut adalah daftar 5 sungai yang paling panjang di dunia:

1. Sungai Nil (Afrika)

Sungai Nil merupakan sungai terpanjang di dunia yang berlokasi di Afrika. Dengan panjang hingga 6.650 kilometer, Sungai Nil melintasi Tanzania, Uganda, Rwanda, Burundi, Congo, Kenya, Ethiopia, Eritrea, Sudan Selatan, Sudan, hingga Mesir.

Bagi masyarakat Mesir dan Sudan, Sungai Nil adalah sumber air yang utama. Adapun sumber aliran air Sungai Nil adalah Danau Victoria.

Baca juga: Daftar Hewan Eksotis Ini adalah Burung Paling Berbahaya di Dunia

2. Sungai Amazon (Amerika Selatan)

Terletak di Amerika Selatan, Sungai Amazon adalah sungai yang paling panjang kedua di dunia dengan panjang 6.437 kilometer.

Tak hanya mengalir hingga ribuan kilometer, Sungai Amazon juga dinobatkan sebagai sungai terbesara. Debit air sungai ini mengirimkan 209.000 meter kubik air ke Samudera Atlantik tiap detiknya.

Sungai Amazon melintasi tujuh negara, yakni Brazil, Peru, Bolivia, Colombia, Ecuador, Venezuela, dan Guyana.

3. Sungai Yangtze (China)

Sungai yang paling panjang ketiga di dunia adalah Sungai Yangtze, China. Sungai ini merupakan sungai terpanjang di Benua Asia.

Berasal dari Pegunungan Tibet, Provinsi Qinghai, Sungai Yangtze dengan panjangnya yang mencapai 6.380 kilometer berperan penting dalam sejarah peradaban manusia dan agrikultur di wilayah Asia Timur.

Baca juga: Ada yang Capai 6 Meter, ini 7 Buaya Paling Berbahaya di Dunia

4. Sungai Mississipi (Amerika)

Selanjutnya, Sungai yang paling panjang ke-empat di dunia adalah Sungai Mississipi. Ia melintasi Amerika Serikat (AS) hingga Kanada.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com