Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beban Berat Panglima TNI, dari Kesejahteraan Prajurit hingga Alutsista

Kompas.com - 06/11/2021, 06:11 WIB
Farid Assifa

Penulis

KOMPAS.com - Anggota Komisi I DPR RI, Rizki Aulia Rahman Natakusumah menyebutkan sejumlah tantangan dan beban berat yang harus dipikul oleh Jenderal Andika Perkasa jika ia terpilih menjadi Panglima TNI.

Beban berat dimaksud adalah pertama soal keadilan kepada perkembangan setiap matra. Selain itu, tantangan lainnya adalah soal ancaman keamanan yang saat ini bukan lagi masalah perang tradisional dan kontinental.

"Kami pandang justru yang harus ditingkatkan dari TNI sekarang adalah angkatan udara dan lautnya, termasuk kemampuan militer Indonesia di dunia siber," kata Rizki kepada Kompas.com melalui keterangan tertulis, Jumat (5/11/2021).

Baca juga: Andika Perkasa Bakal Setahun Menjabat Panglima TNI, Moeldoko: Bukan Masalah

Rizki mengatakan, latar belakang Jenderal Andika akan diuji ketika ia memimpin semua matra TNI. Ia harus bisa berusaha keras melakukan penyeimbangan agar tidak ada kesenjangan antar angkatan atau matra.

"Maka pertanyaan besarnya adalah apakah ia mampu menghadirkan fairness di tengah upaya penyelesaian masalah warisan seperti kesejahteraan prajurit, profesionalisme prajurit, dan modernisasi alutsista?" tanya Rizki.

Menurutnya, Andika yang kini masih menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) akan mendapatkan tantangan untuk memberikan kontribusi signifikan kepada pengembangan berkesinambungan TNI pada waktu yang singkat.

Diketahui, Andika menjadi calon paling senior untuk menjabat sebagai panglima TNI. Ia diusulkan Presiden Joko Widodo untuk menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto.

Jika kelak terpilih, Komisi I menunggu rencana Andika untuk memimpin TNI meski periodenya tebilang singkat, hanya satu tahun.

"Kami menantikan bagaimana rencana Andika dalam mempersiapkan diri untuk menjadi Panglima TNI selanjutnya di periode kepemimpinan yang singkat," kata politisi Partai Demokrat ini.

Fit and proper test

Sementara itu, Komisi I DPR mengagendakan fit and proper test kepada Andika pada hari ini, Sabtu (6/11/2021).

Anggota Komisi I DPR Syaifullah Tamliha mengatakan, kegiatan ini akan dimulai dari pukul 10.00 WIB.

Baca juga: Minggu, Komisi I DPR Akan Berkunjung ke Rumah Jenderal Andika Perkasa

Setelah itu, keesokan harinya, Minggu, Komisi I akan melakukan pemeriksaan faktual ke rumah Jenderal Andika.

Kunjungan tersebut adalah dalam rangka mengetahui langsung rumah Andika serta menjalin kedekatan.

Ketika dikunjungi Komisi I, Andika akan didampingi anak dan istrinya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com