Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Dibuang, 7 Bahan Makanan Ini Ternyata Bisa Ditanam Kembali

Kompas.com - 31/10/2021, 07:30 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa jenis bahan makanan ternyata bisa ditanam kembali. Hal ini tentunya dapat menghemat pengeluaran Anda di rumah.

Meski tidak memiliki lahan yang luas, Anda dapat mencoba menanamnya bahkan di dalam ruangan.

Dengan menanam dan memanen hasil kebun sendiri, Anda tidak perlu membeli di pasar atau supermarket, hanya dengan menanam kembali bahan makanan sisa Anda pakai.

Berikut ini 7 bahan makanan yang bisa ditanam kembali melansir Kompas.com dari Asiaone, Sabtu (30/10/2021).

1. Daun bawang

Saat akan menggunakannya untuk memasak, potong ujung akar daun bawang, dan sisakan sekitar tiga cm me.

Kemudian, letakkan potongan di dalam semangkuk air. Setelah daun bawang mencapai tinggi kira-kira 10 cm, pindahkan ke dalam pot. Siram setiap hari dan nikmati panen setelah lima hingga tujuh hari.

2. Seledri

Baca juga: Bahan Makanan yang Ternyata Bisa Ditanam Lagi

Seledri adalah salah satu sayuran dengan perawatan paling mudah yang bisa kamu tanam.

Caranya, potong akar bagian bawah dari seledri (sekitar lima hingga tujuh cm) dan letakkan tegak di dalam mangkuk berisi air.

Tanam kembali di tanah setelah kamu melihat munculnya tunas baru. Ini akan memakan waktu sekitar tiga hingga lima hari. Panen setelah batang seledri mencapai tinggi minimal 15 cm (kurang lebih tiga bulan).

3. Sereh

Potong sekitar 2 cm hingga 3 cm dari bagian atas serai dan masukkan ke dalam stoples berisi air selama kurang lebih dua minggu.

Jangan lupa untuk mengganti air setiap hari. Setelah akarnya mulai mengeras, pindahkan batangnya ke dalam pot. Panen saat batang tumbuh mencapai 30cm.

4. Kemangi

Segenggam kemangi segar dapat memberi aroma berbeda pada pizza atau pasta, atau sup ikan. Kamu juga bisa menanam kembali kemangi.

Caranya, tempatkan batang kemangi - sekitar delapan hingga 10 cm dalam segelas air. Buang sekitar 75 persen daunnya. Setelah akarnya kira-kira lima cm, pindahkan batang kemangi ke pot. Kamu bisa memanen kemangi segar setelah tiga hingga empat minggu.

5. Cabai

Cabai mungkin adalah sayuran termudah untuk ditanam dalam daftar ini. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mengumpulkan benih cabai dan menanamnya di tanah pot di bawah sinar matahari yang cukup.

Pastikan untuk menjaga tanah tetap lembab, tetapi tidak sampai basah kuyup. Bergantung pada varietas cabai yang kamu tanam, beberapa jenis caai sudah siap panen 60 hari sejak disemai, sementara yang lain bisa memakan waktu hingga 120 hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com