Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syarat dan Rincian Biaya Balik Nama Mobil Bekas atau Lelang

Kompas.com - 30/10/2021, 17:05 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Banyak yang bertanya, berapa biaya balik nama mobil bekas? Hal ini ditanyakan ketika seseorang berencana membeli mobil bekas atau mendapat mobil dari lelang.

Sebenarnya, biaya balik nama mobil relatif bervariasi di setiap daerah. Beberapa komponen biaya balik nama mobil mengacu pada aturan perpajakan masing-masing daerah.

Perlu diketahui, balik nama merupakan proses mengganti data kepemilikan kendaraan yang sifatnya sah secara hukum.

Tidak hanya BPKB yang harus di balik nama, namun Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK juga harus di balik nama.

Dengan melakukan balik nama mobil, kelengkapan dokumen akan seratus persen menjadi hak milik pemilik baru, sehingga akan memudahkan dalam berbagai urusan, terutama terkait pajak tahunan kendaraan.

Seringkali orang tidak mengetahui berapa biaya balik nama mobil beserta persyaratannya yang harus dipenuhi. Masih banyak para pemilik mobil yang tidak mau mengurus prosesnya sendiri.

Biasanya alasannya adalah karena malas ataupun tidak tahu cara balik nama mobil. Sehingga balik nama dilakukan melalui calo ataupun biro jasa, sehingga biaya balik nama mobil ditentukan oleh perantara yang membantu tersebut.

Baca juga: Biaya Balik Nama Mobil Bekas dan Cara Mengurusnya

Syarat balik nama mobil

Proses balik nama memang bisa dilakukan langsung di kantor samsat yang terdekat. Namun sebelum datang ke kantor samsat, sebaiknya pemilik mobil persiapkan beberapa persyaratan yang diperlukan untuk memperlancar proses balik nama.

  • STNK asli dan fotocopy
  • KTP pemilik baru dan fotocopy
  • BPKB mobil dan fotocopy
  • Surat pengesahan cek fisik
  • Kuitansi pembelian mobil

Untuk berjaga-jaga dan tidak repot bolak-balik ke tempat fotocpopy, ada baiknya menyiapkan lembar fotocopy masing-masing dokumen tersebut sebanyak 2 lembar. Jangan lupa untuk membawa materai.

Prosedur balik nama mobil

Setelah mengetahui biaya balik nama mobil dan syarat dokumen yang perlu dibawa, pemilik kendaraan hanya perlu datang ke kantor Samsat setempat sesuai KTP.

Berikut tahapan demi tahapan balik nama mobil:

  • Datang ke kantor Samsat
  • Lakukan pengecekan fisik mobil terlebih dahulu Datangi loket pendaftaran dan isi formulir yang disediakan di loket. Formulir ini juga biasanya tersedia di petugas jaga dan resepsionis.
  • Setelah diisi, formulir kemudian dikembalikan kepada petugas sembari menyerahkan semua berkas. Petugas akan mengecek kelengkapan, apabila lengkap, maka petugas akan memberikan bukti tanda terima.
  • Lakukan pembayaran di kasir
  • Pemilik kendaraan tinggal menunggu BPKP dan STNK baru selesai dan mengambilnya di loket.

Rincian biaya balik nama mobil

Meski biaya balik nama setiap Samsat bisa berbeda-beda, ada baiknya pemilik kendaraan mengetahui terlebih dahulu standar biaya balik nama mobil yang berlaku saat ini.

Mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 76 Tahun 2020, berikut ini rincian biaya balik nama mobil yang harus dibayar oleh pemilik yang bisa dijadikan patokan.

  • Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB)

Baca juga: Biaya Balik Nama Motor dan Syarat Pengurusannya

Besaran bea balik nama kendaraan bermotor yang harus dikeluarkan di setiap Samsat di daerah jumlahnya berbeda-beda.

Biaya ini dihitung dari beberapa persen dari harga beli kendaraan. Di Jakarta contohnya, biaya BBN-KB yang berlaku saat ini yakni 1 persen dari Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) alias harga jual mobil.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com