Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Jenis Buaya Paling Ganas di Dunia, Ada yang Hidup di Indonesia

Kompas.com - 24/10/2021, 12:10 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Buaya merupakan hewan reptil yang ganas. Tak hanya ke sesama hewan tapi juga manusia. Ukuran tubuh buaya yang besar dan giginya yang tajam, membuat hewan yang satu ini terlihat sangat menakutkan.

Setidaknya hingga saat ini, ada 23 spesies buaya yang dianggap berbahaya bagi manusia. Namun bukan berarti buaya dapat menyerang manusia tanpa alasan.

Melansir Kompas.com, Sabtu (23/10/2021), International Union for Conservation of Nature (IUCN) menyebut, terdapat empat alasan mengapa buaya menyerang manusia.

Keempat alasan tersebut yakni lapar, mempertahankan wilayah, melindungi anak-anak mereka, atau bermaksud menyerang spesies lain.

Baca juga: 7 Buaya yang Paling Berbahaya di Dunia

Jenis buaya paling berbahaya di dunia

Berikut ini adalah 7 jenis buaya paling berbahaya di dunia bagi manusia, dilansir dari Britannica:

1. Buaya Nil

Buaya Nil atau yang memiliki nama latin Crocodylus niloticus ini hidup di sebagian besar wilayah Afrika, kecuali Sahara, dan sebagian Madagaskar.

Buaya nil termasuk jenis buaya yang paling berbahaya di dunia. Ia dapat ditemukan di danau, perairan air tawar atau air payau. Ukuran tubuh buaya nil juga terbilang besar, bisa mencapai 5-6 meter.

Keganasan buaya nil dibuktikan dari data yang menyebutkan bahwa ia bertanggung jawab atas lebih dari 300 serangan terhadap manusia per tahun.

2. Buaya air asin

Buaya dengan nama latin Crocodylus porosus ini tak hanya ganas memangsa tapi juga menjadi salah satu hewan reptil terbesar di dunia. Panjang buaya air asin bisa mencapai 6,5 - 7 meter dengan berat hingga 1.000 kg lebih.

Buaya air asin hidup di wilayah India Timur, Asia Tenggara termasuk Indonesia, dan Australia Utara. Meski disebut buaya air asin, spesies ini juga ditemukan hidup di perairan payau dan aliran air tawar serta rawa-rawa.

Di Indonesia, buaya air asin dikenal juga dengan nama buaya muara. IUCN melaporkan bahwa antara tahun 2000 dan 2007, buaya air asin bertanggung jawab atas hampir 30 serangan terhadap manusia.

Baca juga: 7 Fakta Buaya Air Asin, Reptil Terbesar di Bumi

3. Alligator Amerika

Alligator Amerika (Alligator mississippiensis) berasal dari wilayah Gulf Coast, Amerika Serikat, dan hidup di lingkungan air tawar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com