Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Nol Zona Merah Covid-19, Ini Daftar Daerah Tanpa Kasus Corona

Kompas.com - 18/10/2021, 11:43 WIB
Farid Assifa

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia sudah keluar dari zona merah Covid-19.

Berdasarkan peta risiko yang dilansir dari situs covid19.go.id, per Senin, 18 Oktober 2021, semua daerah di Indonesia sudah nol zona merah Covid-19.

Mayoritas adalah risiko rendah dengan ditandai warna kuning (zona kuning).

Sementara zona risiko sedang tampak berada di Mamasa, Sulawesi Barat serta Kota Subulussalam dan Aceh Besar di Provinsi Aceh.

Baca juga: Belajar dari Singapura: Bagaimana Mencegah Gelombang Ketiga Covid-19?

Sementara itu, daerah yang nol kasus Covid-19 atau zona hijau hingga Senin ini mencapai 5 daerah, antara lain:

  • Tambrauw, Papua Barat
  • Pegunungan Arfak, Papua Barat
  • Intan Jaya, Papua

 

  • Kota Tual, Maluku
  • Buru Selatan, Maluku

Cegah gelombang baru

Sementara itu, berbagai pihak berusaha untuk mencegah gelombang baru Covid-19. Salah satunya adalah dengan menambah pasokan alat konstrator oksigen yan menjadi kebutuhan utama bagi penderita Covid-19.

Seperti yang dilakukan Djarum Foundation yang memberikan bantuan 250 unit konsentrator oksigen kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Alat tersebut diperuntukan bagi pasien dengan gejala gangguan pernafasan.

Bantuan tersebut diserahterimakan langsung oleh Vice President Director Djarum Foundation, F.X Supanji kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Semarang pada Senin (11/10/2021).

Bantuan ini termasuk rangkaian donasi 1.000 unit konsentrator oksigen yang berjalan sejak awal September 2021.

Sebelumnya, Djarum Foundation juga telah menyumbangkan ratusan konsentrator oksigen ke sejumah rumah sakit di Jawa tengah dan DIY serta 100 unit konsentrator oksigen melalui Kementerian Perindustrian RI.

"Kami berharap donasi konsentrator oksigen melalui Pemerintah Provinsi Jawa Tengah ini dapat membantu mengantisipasi kebutuhan oksigen ketika terjadi gelombang baru kasus Covid-19,” ucap F.X Supanji dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Senin.

Bantuan serupa juga diberikan Asosiasi Gula Refinasi Indonesia (AGRI) dengan memberikan bantuan 150 unit konsentrator oksigen.

Baca juga: Kemenperin Terima 150 Unit Konsentrator Oksigen dari Asosiasi Gula

Bantuan tersebut diserahkan kepada Kemenperin pada Jumat (24/9/2021) lalu.

“Melalui berbagai upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah bersama pemangku kepentingan terkait, Indonesia mendapat pujian dunia dalam pengendalian Covid-19,” kata Plt Direktur Jenderal Industri Agro Putu dalam siaran resminya dikutip Kompas.com, Jumat (24/9/2021).

Tanonto Foundation juga memberikan bantuan 20 unit konsentrtor oksigen kepada Kementerian Pendidikan, Riset dan Teknologi. Bantuan tersebut untuk disalurkan kepada beberapa rumah sakit pendidikan negeri dan swasta.

"Apresiasi setinggi-tingginya kami ucapkan. Kami yakin ini adalah ekspresi kepedulian dari Tanoto Foundation dalam memperhatikan infrastruktur kesehatan sejalan dengan nilai luhur Profil Pelajar Pancasila. Yaitu gotong royong, akhlak mulia, kreativitas, dan kebhinekaan global," terang Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Paristiyanti Nurwardani dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (23/9/2021).

Baca juga: Tanoto Foundation Beri Bantuan Oksigen Concentrator ke RS Pendidikan

(Sebagian sumber dikutip dari Kompas.com dengan Penulis: Elsa Catriana, Mahar Prastiwi dan Editor: Ambaranie Nadia Kemala Movanita dan Dian Ihsan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com