Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Kucing Takut dengan Timun? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 17/10/2021, 07:20 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Kucing, hewan lucu dan menggemaskan yang satu ini diketahui memiliki ketakutan terhadap beberapa hal. Selain terhadap air, satu hal lain yang kerap disebut adalah kucing takut timun. Benarkah demikian?

Untuk mencari jejak kucing takut timun tidaklah sulit. Di media sosial, kita akan menemukan beberapa video yang menunjukkan kucing seperti ketakutan saat melihat mentimun. Reaksi yang kucing tunjukkan biasanya kaget, kabur, atau melompat.

Meski terdengar lucu dan membingungkan, rupanya hal ini memiliki penjelasan ilmiah.

Baca juga: Ahli Jelaskan Alasan Kucing Takut pada Mentimun

Penyebab kucing takut timun

Dikutip dari berita Kompas.com yang melansir Science ABC (20/08/2021), Jill Goldman, seorang peneliti pelaku hewan di California Selatan, mengatakan bahwa bentuk timun yang panjang dan berwarna hijau tampak seperti ular bagi kucing.

Seperti diketahui, ular jenis termasuk salah satu hewan yang mematikan. Kemiripan dengan sesuatu yang mengancam dirinya bisa mengkhawatirkan dan menakutkan bagi kucing.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Con Slobodchikoff, ahli perilaku hewan dan penulis "Chasing Doctor Dolittle: Learning the Language of Animals".

Kepada ABC News dia mengatakan, mentimun terlihat seperti ular sehingga memunculkan ketakutan naluriah kucing layaknya menghadapi ular.

Kucing secara genetik terprogram melalui naluri untuk menghindari ular."

Kucing hewan yang responsif

Pada dasarnya, kucing memang mudah terkejut. Bukan hanya timun, hampir semua hal yang menyelinap berpotensi membuat kucing takut.

Itu karena kucing termasuk hewan yang selalu waspada sehingga memiliki kesadaran situasional yang baik.

Contohnya saat ada timun atau benda lain yang diletakkan di belakang tubuh kucing. Ketika kucing mendapati ada sebuah benda, termasuk timun, berada di belakangnya, ia akan bereaksi seperti ketakutan dan berlari menjauhi benda tersebut.

Baca juga: Kenapa Kucing Takut dengan Mentimun?

Sedangkan Menurut Mikel Delgado, konsultan perilaku kucing yang mempelajari perilaku hewan dan hubungan manusia-hewan di University of California, Berkeley, AS, mentimun yang diletakkan di belakang tubuh kucing sama seperti seseorang yang menyelinap di belakang tubuhnya.

Karena itu, menjadi wajar jika kucing begitu reaktif ketika ada timun atau benda lain di belakang tubuhnya.

Melompat, detak jantungnya meningkat, serta bersikap agresif adalah cara kucing bereaksi terhadap sesuatu yang mengejutkannya. Otot-otot kucing pun akan menjadi kaku dengan punggung yang melengkung.

Ilustrasi timun. Dok. Shutterstock/IZZ HAZEL Ilustrasi timun.

Baca juga: 5 Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Cara Mengatasinya

Jangan menakut-nakuti kucing dengan timun

Jika Anda memiliki peliharaan seekor kucing, sebaiknya hindari menakut-nakuti hewan ini dengan timun meski tujuannya hanya untuk bermain. Para ahli berpendapat, sering menakut-nakuti kucing dengan timun bisa berdampak ke kesehatan kucing.

Berdasarkan laporan dari National Geographic, orang yang mencoba membuat kucing takut dengan timun dapat menyebabkan kucing melukai dirinya, merusak sesuatu, atau stres berkepanjangan.

Kecemasan dan stres yang berkepanjangan dapat merusak sistem kekebalan hingga membuat kucing atau hewan lainnya lebih rentan sakit

(Sumber:Kompas.com/Gading Perkasa, Lulu Lukyani | Editor: Wisnubrata, Lulu Lukyani)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com