Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Menjadi Negara dengan Militer Terkuat se-ASEAN

Kompas.com - 16/10/2021, 06:30 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Data terbaru dari situs Global Fire Power, Indonesia dinobatkan sebagai negara dengan militer terkuat di Asia Tenggara atau ASEAN.

Dilansir dari CNN, berdasarkan data situs tersebut, Indonesia memiliki skor 0.2684 untuk bidang kekuatan militer.

Dengan demikian, Indonesia berada di posisi paling atas di ASEAN, mengalahkan Vietnam dan Thailand yang berada pada peringkat ke dua dan tiga.

Lantas, apa faktor Indonesia menjadi negara dengan militer terkuat se Asia Tenggara?

Perhitungan skor militer Indonesia

Skor tersebut dibuat berdasarkan akumulasi dari semua aspek kekuatan militer yang kemudian dikalkulasikan menjadi indeks skor oleh Global Fire Power.

Baca juga: Kekuatan Militer Indonesia Peringkat 16 Dunia dan di Atas Israel Versi GFP, Bagaimana Riilnya?

Dilihat dari jumlah pasukan militer, Indonesia berada di posisi keempat ASEAN. Jumlah keseluruhan personel TNI mencapai 1 juta orang lebih, dan yang masih aktif sekitar 400 ribu orang.

Sementara itu, Vietnam memiliki lebih banyak personel, dengan total 5,5 juta personel dan aktif 482.500 orang.

Thailand memiliki personel 701 ribu, dan yang masih aktif hanya 361 orang.

Keunggulan militer Indonesia

Berbeda di sektor alat utama sistem pertahanan (alutsista), Indonesia menduduki posisi yang beragam, tergantung dari pos-pos militer.

Pada Angkatan Udara (AU), alutsista yang dimiliki Indonesia adalah 458 pesawat, 15 jet tempur, 1 unit tank, 17 pesawat misi khusus, 41 pesawat pencegat, 188 helikopter, 64 transportasi lain dan 38 pesawat penyerang.

Angkatan Laut (AL) memiliki 7 kapal fregat, 5 kapal selam, 179 kapal patroli, 10 kapal ranjau laut dan 24 kapan korvet.

Militer Indonesia pada pos Angkatan Darat (AD), Indonesia memiliki 332 tank, 1.430 kendaraan lapis baja, 153 artileri, 366 artileri ditarik dan 63 proyektor roket.

Namun, pada pos anggaran militer, Indonesia masih kalah dibandingkan sejumlah negara ASEAN. Anggaran militer Indonesia mencapai US$9,2 juta atau sekitar Rp 130 miliar.

Dana anggaran ini masih lebih sedikit dari Singapura yaitu US$10,7 juta atau Rp 151 miliar, yang menduduki peringkat 140 secara global dan urutan ke-5 di Asia Tenggara.

Baca juga: [POPULER NASIONAL] Kekuatan Militer Indonesia di Atas Israel Versi GFP | Pemotongan Gaji Siswa Pendidikan Infanteri

Meski demikian, anggaran militer Indonesia masih unggul dibandingkan dengan Vietnam yaitu hanya mencapai US$6,9 juta atau sekitar Rp 97 miliar.

Sehingga dapat disimpulkan, secara global kekuatan militer Indonesia menempati posisi ke-16.

Indonesia juga masih mengalahkan sejumlah negara besar seperti, Arab Saudi di posisi ke-17 dan Australia yang berada di posisi ke-19.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com