Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Peru Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 dan Digantikan Indonesia

Kompas.com - 24/06/2023, 10:46 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Piala Dunia U-17 adalah salah satu kompetisi sepak bola yang diselenggarakan oleh FIFA setiap dua tahun sekali dan diikuti oleh 24 tim nasional.

Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 menggantikan Peru.

Sebelumnya, Peru dipercaya sebagai tuan rumah turnamen yang akan diselenggarakan pada 10 November hingga 2 Desember 2023 tersebut.

Baca juga: Daftar Negara Peserta Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia

Lantas, mengapa status tuan rumah Peru dicabut FIFA?

Alasan Peru batal jadi tuan rumah Piala Dunia U-17

Dikutip dari laman resmi FIFA, status Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 dicabut setelah adanya diskusi yang intens antara FIFA dan Federasi Sepak Bola Peru (FPF).

Alasan utamanya adalah karena Peru tidak mampu memenuhi komitmennya untuk menyelesaikan infrastruktur yang diperlukan untuk menyelenggarakan turnamen.

Waktu yang tersedia tidak cukup untuk menyelesaikan pekerjaan infrastruktur yang diperlukan sebelum tanggal dimulainya turnamen, yakni pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Baca juga: FIFA Tunjuk Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17, Apakah Israel Ikut Serta?


Sejalan dengan itu, diberitakan Kompas.com (4/4/2023), dalam keterangan resmi FPF, disampaikan bahwa bencana banjir akibat topan Yaku menjadi faktor yang menyebabkan pengerjaan infrastruktur untuk Piala Dunia U-17 tertunda.

Diketahui sejumlah peristiwa cuaca baru-baru di Peru telah menyebabkan kerusakan. Topan Yaku menghantam sejumlah wilayah di Peru pada awal Maret lalu disertai hujan deras dan banjir.

Situasi tersebut membuat pemerintah Peru berfokus pada perbaikan infrastruktur tempat-tempat umum.

Baca juga: Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17, Apa Kata Erick Thohir?

FPF telah berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi kewajiban dari FIFA. Sayangnya proses pengerjaan infrastruktur untuk Piala Dunia U-17 tidak bisa tepat waktu.

Peru menjadi negara kedua yang batal menggelar turnamen FIFA. Sebelumnya, FIFA juga telah mencopot status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Indonesia menggantikan Peru

Ilustrasi Ketua Umum PSSI Erick Thohir.Dok PSSI Ilustrasi Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Dalam keterangan resminya, FIFA tidak menjelaskan secara rinci mengapa Indonesia dipilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 menggantikan Peru.

Dikutip dari Kompas.com (24/62023), Ketua Umum PSSI Erick Thohir meyakini penetapan Indonesia sebagai tuan rumah karena faktor positif yang ditunjukkan sepak bola Indonesia selama tiga bulan terakhir.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com