Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MrBeast Umumkan Pemenang Giveaway Uang, Mengapa Disebut Ilegal?

Kompas.com - 11/05/2023, 14:30 WIB
Nur Rohmi Aida,
Farid Firdaus

Tim Redaksi

KOMPAS.com - YouTuber terkenal, MrBeast dalam unggahannya mengumumkan 10 orang pemenang yang mendapatkan hadiah uang tunai dari dirinya.

Pengumuman tersebut disampaikan dalam unggahan stori akun Instagramnya, @mrbeast.

"Thank you all for participating in my birthday post. Here are the 10 winners," tulisnya sembari menunjukkan beberapa orang pemenang dari giveaway yang ia adakan.

Dikutip dari Hype, salah satu pemenang hadiah MrBeast ini adalah seorang seniman dari Singapura.

Diketahui, MrBeast belakangan ini banyak menarik perhatian publik dari berbagai negara di dunia.

Hal ini setelah dia mengumumkan akan membagikan uang 10.000 dolar AS atau sekitar Rp 147 juta kepada warganet yang beruntung pada 7 Mei 2023 lalu.

Ia mengatakan, uang tersebut ia bagikan dalam rangka ulang tahunnya yang ke-25 dengan catatan pengikutnya bersedia memposting stori foto gambar dirinya yang tengah membawa koper berisi banyak uang.

Baca juga: Unggahan MrBeast Bagi-bagi Uang Hilang dari Instagram

Berpotensi ilegal

Dikutip dari Yahoo, Instagram telah menghapus postingan dari MrBeast terkait unggahannya yang mengumumkan ia akan membagikan uang tersebut.

Sebagaimana dikutip dari laman tersebut, hilangnya unggahan MrBeast terjadi setelah akun Twitter @RobertFreundlaw yang merupakan pengacara untuk brand, agensi dan pembuat konten menyampaikan dalam utasnya bahwa kemungkinan apa yang dilakukan MrBeast adalah ilegal.

Dalam utasnya Freund juga mengatakan bahwa apa yang dilakukan MrBeast kemungkinan  melanggar undang-undang di negara bagian.

"Pertama, Term of Service (TOS) Instagram mengharuskan Anda menyertakan rilis lengkap Instagram oleh peserta dan pengakuan bahwa promosi tidak terkait dengan Instagram. Postingan Mr Beast tak menyertakan rilis atau penjelasan," kata dia.

Melanggar ketentuan tersebut menurut Freund bisa berakibat pada penghentian akun, namun menurutnya konsekuensi yang dialami MrBeast hanya akan berupa konsekuensi ringan.

Freund juga menilai postingan Instagram MrBeast juga berpotensi melanggar Undang-undang negara bagian California (CA).

"Di bawah undang-undang CA, peraturan resmi itu harus mencantumkan, antara lain: nama operator giveaway, persyaratan kelayakan apa pun, pernyataan dengan huruf besar bahwa tidak diperlukan pembelian, metode masuk, dan batasan jumlah entri apa pun," katanya lagi.

Menurut dia, postingan MrBeast juga melanggar undang-undang negara bagian Florida, meskipun kemudian MrBeast menyampaikan bahwa giveaway yang ia adakan tak termasuk negara bagian New York.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com