Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putri Bungsu HaHa Running Man Idap Guillain Barre Syndrom, Apa Itu?

Kompas.com - 30/03/2023, 10:05 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Unggahan terkait dengan penyakit langka yang diderita oleh putri bungsu komedian asal Korea Selatan HaHa ramai dibicarakan di media sosial.

Hal tersebut bermula pada akun ini, Selasa (28/3/2023) yang menyebutkan bahwa anak dari HaHa dan Byul mengidap penyakit langka, guillain barre syndrom (GBS).

"Haha cerita alasan dia nerima tawaran Variety SHow buat keluarganya. Anak Haha yang paling kecil sakit langka Guillain-Barré syndrome. Haha bernazar kalau anaknya sembuh, dia mau menghabiskan lebih banyak waktu bareng keluarga dan anak-anaknya. Eh dateng tawaran ini," tulis pengunggah. 

Dilansir dari Soompi (27/9/2022), Byul melalui akun Instagram pribadinya membagikan unggahan tentang kesehatan putri bungsunya yang bernama Song.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Empty Sella Syndrome, Penyakit yang Diderita Ruben Onsu

Song telah didiagnosis mengidap sindrom guillain barre, yakni gangguan saraf langka yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang saraf sehingga berpotensi menyebabkan kelemahan otot, kehilangan refleks, dan tubuh mati rasa.

Kemudian, Byul membenarkan bahwa Song didiagnosis dengan penyakit langka yang disebut sindrom guillain barre yang membuatnya dirawat di rumah sakit. 

Kemudian Byul menceritakan bahwa secara ajaib, Song telah pulih dengan sangat cepat.

Setelah keluar dan kembali ke rumah, dia menjadi lebih baik setiap hari. Anak yang sangat sakit sampai tidak bisa berjalan atau berdiri sendiri sekarang bisa melepaskan tangan ibu dan melakukannya sendiri,” kata Byul.

Baca juga: Mengenal Sindrom Lynch, Pemicu Kanker yang Harus Diwaspadai

Lantas, apa itu guillain barre syndrom?

Penjelasan soal guillain barre syndrom (GBS)

Dikutip dari National Health Service (NHS), guillain barre syndrome (GBS) atau sindrom guillain barre adalah kondisi yang sangat langka dan serius yang memengaruhi saraf.

Penyakit ini mempengaruhi kaki, tangan, dan beberapa anggota tubuh hingga menyebabkan masalah seperti mati rasa, lemah otot, dan nyeri.

Sindrom guillain barre mempengaruhi orang-orang dari segala usia, tetapi lebih sering terjadi pada orang dewasa dan laki-laki.

Baca juga: Mengenal Sindrom Steven-Johnson: Pengertian, Gejala, hingga Penyebab

Baca juga: Mengenal Sindrom Lynch, Pemicu Kanker yang Harus Diwaspadai

Penyebab sindrom guillain barre

Belum diketahui secara pasti apa penyebab sindrom guillain barre, namun penyakit ini kemungkinan disebabkan oleh masalah pada sistem kekebalan tubuh dan pertahanan alami tubuh terhadap penyakit dan infeksi.

Normalnya sistem imun menyerang setiap kuman yang masuk ke dalam tubuh. Tetapi pada orang dengan sindrom guillain barre, ada yang tidak beres dan secara keliru menyerang dan merusak saraf.

Tidak jelas mengapa hal ini terjadi, tetapi kondisi ini sering terjadi setelah infeksi, terutama infeksi saluran napas, seperti flu.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com