Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Gaji Minimal untuk Siap Menikah? Pakar: Asal Punya Pendapatan Aktif

Kompas.com - 17/03/2023, 13:00 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah unggahan yang menanyakan referensi dana yang harus dimiliki calon suami istri agar siap berumah tangga ramai dibicarakan di media sosial Twitter.

Unggahan tersebut dibagikan seorang warganet melalui akun Twitter ini pada Selasa (14/3/2023).

"Kalau mau nikah tuh harus punya tabungan berapa dan gaji per bulan berapa yang dirasa 'aman' untuk membangun rumah tangga?" tanyanya.

Unggahan ini kemudian ditanggapi oleh para warganet lainnya.

"Kalau aku pribadi percaya itungan manusia itu nggak akan pernah menjamin kecukupan dalam hidup, jadi berapapun penghasilannya selama dia pekerja keras dan bertanggungjawab, InsyaAllah selalu Allah cukupkan," tulis akun ini.

"Tabungan minimal masing-masingnya lebih dari Rp 50 juta. Terus penghasilan bulanan ya di angka Rp 6-10 juta sebulan bagusnya dah biar benar-benar aman," tulis akun ini.

"Kalau bukan sandwich gen dan nggak ada cicilan, at least take home pay Rp 7 juta. Kalau sandwich gen dan ada cicilan, at least Rp 10 juta," tulis akun ini.

Lalu, bagaimana kata pakar?

Baca juga: Viral, Video Sebut Gaji PNS Kecil, Memang Berapa Gajinya?


Hitungan gaji

Pengamat perbankan, keuangan, dan investasi Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada (UGM) Eddy Junarsin mengungkapkan, saat ini belum ada penelitian pasti yang mencari tahu tingkat keuangan yang perlu dimiliki calon suami-istri agar mendapatkan kehidupan layak setelah menikah.

"Tiap kota perlu dihitung. Tiap kota pasti beda," ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (17/3/2023).

Saat ini, Indonesia baru memiliki perhitungan Upah Minimum Regional (UMR) yang digunakan untuk menentukan perkiraan seseorang memiliki kehidupan layak dari sisi ekonomi.

Ia mencontohkan, orang yang hidup di Jakarta paling tidak membutuh gaji Rp 4,5 hingga 5 juta untuk bisa hidup layak atau berkecukupan. Namun, orang ini akan butuh uang lebih banyak saat menikah.

"Kira-kira rumus kasarnya gini, kalau dia menikah, pendapatan minimal mereka berdua tanpa anak adalah 1,75 kali UMR," jelasnya.

Artinya, pasangan yang menikah di Jakarta sebaiknya memiliki pendapatan minimal sebesar 1,75 kali Rp 4,5 juta atau sama dengan Rp 7.875.000 setiap bulannya. Namun, ini dengan catatan mereka belum memiliki anak.

"Kalau punya anak, tinggal ditambah 0,25. Jadi, kalau punya satu anak, paling tidak dia punya UMR kali 2. Kalau punya dua anak, berarti UMR dikali 2,25," lanjutnya.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com