Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Mengenal Kaitan Podcast dan RSS

Kompas.com - 09/03/2023, 21:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

KOMPAS.com - Podcast adalah format audio atau video yang dipublikasikan secara reguler dan bisa diunduh atau diputar secara daring.

Media ini menjadi sangat populer seiring dengan munculnya perangkat mobile yang memungkinkan pengguna untuk memutar konten multimedia meski tidak terhubung dengan internet.

Seperti podcast-podcast milik Medio by KG Media dengan tautan akses linktr.ee/SiniarMedio yang memberikan hiburan dan pengetahuan baru bagi pendengarnya dengan akses tanpa batas.

Namun, podcast tidak akan menjadi apa yang sekarang jika tidak ada teknologi yang memungkinkan pendengar untuk berlangganan dan menerima pemberitahuan setiap kali ada episode baru. Teknologi ini bernama RSS.

Apa Itu Teknologi RSS?

RSS (Really Simple Syndication) adalah teknologi yang mempermudah akses dan distribusi konten. Ini memungkinkan kita untuk berlangganan konten dari sumber tertentu dan menerima pemberitahuan setiap kali ada konten baru.

Baca juga: Kisah Inspiratif Founder AKSEL Membangun Startup di Usia Muda

RSS menjadi penting dalam sejarah podcast karena memungkinkan podcaster untuk menyebarluaskan konten mereka langsung ke pendengar melalui aplikasi, seperti iTunes.

Dengan menggunakan RSS, podcaster bisa mempublikasikan feed mereka yang berisi daftar episode baru dan deskripsi singkat dari setiap episode.

Pendengar kemudian bisa berlangganan feed tersebut melalui aplikasi pemutar podcast mereka dan menerima pemberitahuan setiap kali ada episode baru yang dipublikasikan. Ini membuat proses mengikuti podcast menjadi lebih mudah dan teratur.

Sampai saat ini, banyak orang masih menggunakan RSS untuk mengakses dan mendistribusikan banyak jenis konten, termasuk podcast.

RSS membuat konten lebih mudah diakses dan didistribusikan sehingga mempermudah bagi para pembuat konten untuk menjangkau audiens mereka dan mempermudah bagi audiens untuk mengikuti konten favorit mereka.

Cara Membuat Podcast RSS Feed

Mengutip situs RSS.com, ada beberapa langkah yang kita bisa lakukan untuk membuat RSS podcast. Hanya dalam beberapa menit, kita sudah bisa menggunakannya. Berikut adalah empat langkah yang diperlukan untuk membuat feed baru podcast.

Pertama, buat akun lewat situs RSS.com secara gratis. Kedua, konfirmasikan alamat email dan pilih tombol “Podcast Baru”. Selanjutnya, tambahkan detail podcast baru termasuk judul, deskripsi, dan umpan alamat RSS dan pilih “Berikutnya”.

Terakhir, tambahkan detail penulis, kategori (maksimal sampai tiga), dan cover art podcast. Kemudian, pilihlah “Simpan dan selesaikan”.

Pentingnya Teknologi RSS pada Podcast

Dalam konteks podcast, RSS memainkan peran yang sangat penting. Tanpa teknologi ini, podcast mungkin tidak akan berkembang menjadi apa yang sekarang.

RSS mempermudah bagi podcaster untuk menyebarluaskan konten mereka dan mempermudah bagi pendengar untuk mengikuti podcast favorit mereka.

Baca juga: Manfaat Digital Audio Workstation untuk Produksi Podcast

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com