Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisakah Kafein dalam Kopi Meningkatkan Kolesterol Tubuh?

Kompas.com - 10/02/2023, 08:30 WIB
Alinda Hardiantoro,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kopi menjadi minuman wajib banyak orang di berbagai penjuru dunia.

Jika disesap di pagi hari, kopi dijadikan pendongkrak semangat dan penghilang kantuk. Jika disesap di petang hari, kopi seringnya dijadikan teman mengobrol atau menonton televisi.

Dikonsumsi tiap hari, sudah barang tentu tubuh akan dialiri kafein dari kopi secara rutin. Belum lagi jika ditambah kita juga mengonsumsi teh, cokelat, juga soda. Kadar kafein dalam tubuh dijamin akan makin meningkat pesat.

Pertanyaan yang kemudian timbul adalah, apa saja efek kafein yang mengendap lama di dalam tubuh? Apakah kafein bisa memengaruhi level kolesterol?

Baca juga: Benarkah Kopi Bisa Digunakan Menyusut Perut Buncit?

Kaitan kafein dan kolesterol

Dilansir dari Indian Express, kolesterol adalah substansi yang terletak di seluruh sel-sel tubuh.

Kolesterol dibutuhkan tubuh untuk memproduksi hormon estrogen, testosteron dan vitamin D, juga diperlukan untuk membantu penyerapan nutrisi makanan.

Menurut Dr Rohini Patil, ahli gizi dari Nutracy Lifestyle, semua makanan yang berasal dari hewan seperti daging, susu, dan telur, semuanya mengandung kolesterol.

Jadi kolesterol sebenarnya tidak selalu buruk bagi tubuh.

 

“Tetapi jika kita mengonsumsi terlalu banyak lemak, kebanyakan lemak jahat seperti lemak trans, maka parameter darah seperti LDL (low-density lipo protein) dapat meningkat, dan HDL (high-density lipoprotein) dapat menurun, " ujar Sohini Banerjee, konsultan ahli diet dari Fortis Hospital and Kidney Institute, Kolkata.

Menurut ahli gizi, kafein tak serta merta meningkatkan level kolesterol dalam tubuh. Namun,  kafein bisa meningkatkan risiko kolesterol meningkat dengan mudah.

Bagaimana bisa?

Misalnya, kafein dapat menyebabkan stres, yang dapat menyebabkan peningkatan kadar kortisol dan peningkatan kadar kolesterol.

Selain itu, kafein juga dapat menyebabkan peningkatan kadar insulin, yang dapat berkontribusi pada kadar kolesterol LDL (jahat) yang lebih tinggi dan kadar kolesterol HDL (baik) yang lebih rendah.

Baca juga: Waspada, Minum Kopi Bisa Mempengaruhi Tekanan Darah, Ini Penjelasannya

Pengaruh kafein dalam kopi terhadap kolesterol

Masih dari sumber yang sama, menurut Dr Samrat Shah, konsultan internis di Rumah Sakit Bhatia Mumbai, penelitian telah mengidentifikasi risiko kopi meningkatkan kadar kolesterol tubuh. 

Meski, hal ini sangat tergantung pada metode pembuatannya atau metode penyeduhan kopi yang ada.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com