Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Sayuran Penurun Asam Urat, Rendah Purin dan Kaya Nutrisi

Kompas.com - 07/02/2023, 08:30 WIB
Diva Lufiana Putri,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Makanan terbaik untuk penderita penyakit asam urat atau gout adalah protein tanpa lemak, lemak sehat, dan karbohidrat kompleks.

Tak heran, sebagian besar sayuran masuk dalam kategori sayuran penurun asam urat karena kandungan karbohidrat kompleksnya.

Menurut Kementerian Kesehatan, karbohidrat kompleks mengandung tinggi serat, mineral, dan vitamin yang memberikan banyak manfaat, termasuk mencegah kadar asam urat naik dan kambuh.

Kadar asam urat yang terlalu tinggi sendiri bisa memicu rasa nyeri di persendian, mulai dari jari, pergelangan, hingga siku maupun lutut.

Menghindari makanan dengan kandungan purin tinggi, penderita juga wajib mengonsumsi makanan termasuk sayuran penurun asam urat agar penyakit ini tak lagi kambuh.

Lantas, apa saja sayuran penurun asam urat?

Baca juga: 4 Buah Penurun Asam Urat, Bantu Redakan Nyeri dan Cegah Kambuh Kembali


Sayuran penurun asam urat

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa sayuran yang bagus dimakan penderita asam urat untuk meredakan gejala dan menurunkan kadarnya:

1. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang baik bagi penderita asam urat. Pasalnya, menurut Healthline, sayuran ini masuk kategori makanan rendah purin, sekitar 70 miligram purin per 100 gramnya.

Kandungan purin dalam brokoli sangat jauh dari kelompok berpurin tinggi, yakni lebih dari 300 miligram per 100 gram.

Berbanding terbalik, brokoli kaya akan vitamin C, kandungan yang membantu mengurangi rasa nyeri akibat asam urat.

Vitamin C juga membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh, sehingga mencegah penyakit ini kambuh.

Tak sampai di situ, sayuran ini turut memiliki antioksidan dalam jumlah melimpah, yang membantu melawan peradangan dalam tubuh.

Baca juga: 3 Jenis Buah yang Sebaiknya Tidak Dimakan Penderita Asam Urat

2. Wortel

Wortel terkenal akan manfaatnya untuk indra penglihatan. Bukan hanya itu, ternyata manfaat wortel juga dapat dirasakan oleh penderita asam urat.

Dikutip dari laman Teacher's Grace, wortel kaya akan antioksidan yang sangat bagus dalam mengontrol produksi enzim untuk mengoksidasi asam urat menjadi senyawa yang lebih mudah larut.

Di sisi lain, sayuran oranye ini juga mengandung tinggi serat yang membantu tubuh menyerap asam urat berlebih dalam aliran darah.

ilustrasi wortel lengkap dengan daunnya atau green wortel. PIXABAY/JILLWELLINGTON ilustrasi wortel lengkap dengan daunnya atau green wortel.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com