Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makna dari Gaun Terbalik Karya Viktor & Rolf di Paris Fashion Week

Kompas.com - 27/01/2023, 18:15 WIB
Retia Kartika Dewi,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rumah mode mewah asal Belanda, Viktor & Rolf, sempat viral di media sosial selepas memamerkan koleksi haute couture mereka di Paris Fashion Week, Rabu (25/1/2023).

Koleksi adibusana mereka yang menjadi sorotan adalah gaun berbahan tule yang terbalik, yang tentu saja, tidak biasa dipakai oleh model peraga busana pada umumnya.

Makna gaun terbalik

Dilansir dari ABC, Jumat (27/1/2023), pada peragaan busana Musim Semi/Musim Panas 2023, para model terlihat berjalan di runway dengan gaun tebal berwarna pastel yang diputar ke segala arah.

Gaun dansa yang dipakai oleh model, diposisikan terbalik, menyamping, dan mengambang.

Gaun-gaun rancangan Viktor & Rolf ini berkilau dan ditempatkan di atas korset yang dipahat secara struktural dan dipasangkan dengan riasan dan rambut bergaya punk yang iconic pada tahun 80-an.

Dalam akun Instagramnya, Viktor & Rolf menggambarkan desain tersebut sebagai sesuatu yang membangkitkan rasa surealisme abstrak.

"The Spring/Summer'23 'Late Stage Capitalism Waltz' menyinggung masa kejayaan pertengahan abad ke-20," ujar pihak Viktor & Rolf.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Viktor&Rolf (@viktorandrolf)

Postingan itu membuat para penggemar turut memuji dan berkomentar tentang kreativitas yang dimunculkan oleh Viktor & Rolf.

Aktris Selma Blair menulis, "Saya sedang jatuh cinta. Saya heran!"

Rekan perancang busana, Marc Jacobs pun menulis bahwa koleksi Viktor & Rolf "Luar Biasa".

Sementara, di sela pesta fesyen Viktor & Rolf yang mencuri perhatian, ada beberapa momen besar Paris Fashion Week lainnya yang membuat penonton riuh, termasuk Kylie Jenner yang mengenakan gaun dengan menyertakan kepala singa raksasa saat menghadiri acara Haute Couture Schiaparelli.

Ada pula momen memukau dari Doja Cat yang mengenakan kristal dari ujung rambut sampai ujung kaki serta putri Gwyneth Paltrow, Apple Martin, yang membuat debutnya di Paris Fashion Week dengan minidress dan jaket tweed Chanel yang serasi.

Baca juga: Berlapis 30.000 Kristal Swarovski, Doja Cat Merah Menyala di Paris Fashion Week


Seputar Viktor & Rolf

Dilansir dari situs resmi Viktor-rolf, Viktor & Rolf adalah rumah mode mewah avant-garde yang didirikan pada tahun 1993 oleh seniman mode Viktor Horsting dan Rolf Snoeren.

Rumah mode mewah ini didirikan setelah mereka lulus dari Arnhem Academy of Art and Design.

Viktor & Rolf diakui secara luas dan dihormati karena haute couture yang provokatif dan kemewahan konseptualnya.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com