Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Kreator Konten Mukbang Kuat Makan dalam Porsi Besar? Ini Rahasianya

Kompas.com - 13/01/2023, 14:25 WIB
Retia Kartika Dewi,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Istilah "mukbang" sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita.

Mukbang adalah kegiatan seseorang yang menyiarkan diri mereka sendiri secara online ketika mereka sedang makan, biasanya dalam porsi yang sangat besar.

Umumnya, konten mukbang sangat menarik karena kreator kontennya terlihat sangat menikmati makanan yang ada. Makanan yang disantap pun nampak begitu lezat, sehingga membuat penonton terhibur.

Namun, seorang warganet Twitter penasaran dengan konten mukbang yang membuat kreator kontennya bisa kuat menghabiskan banyak makanan sekaligus.

"Masih penasaran.. mukbangers tuh kok bisa ya makan mie berbungkus bungkus, makan burger sampe 4 burger, satu box pizza dihabisin sendiri. Even mereka sblmnya puasa ga makan apa2 (baru makan pas bikin konten) tuh aku kl jd mereka juga gabakal kuat makan banyakk bgt," tulis pengunggah dalam twit ini.

Lalu, mengapa kreator konten mukbang kuat makan dalam porsi sangat banyak?

Rahasia kreator konten mukbang

Dilansir dari Daily Bucket (15/6/2022), perilaku kreator konten mukbang atau yang kerap disebut mukbangers yang mengonsumsi begitu banyak MSG, garam, gula, dan lemak, serta ditambah minuman alkohol, kafein, cenderung berisiko memicu penambahan berat badan.

Ada begitu banyak risiko kesehatan yang bisa ditimbulkan dari perilaku ini, seperti obesitas, asam urat, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, dan lainnya.

Untuk mengatasi risiko ini, beberapa konten kreator mukbang (yang tak mau disebutkan namanya) membagikan tips khususnya, untuk tetap menjaga badan proporsional meski makan banyak.

Baca juga: Menilik Fenomena Mukbang, Tetap Laris Meski Tampilkan Makan Ekstrem

Berikut ini adalah rahasia mereka:

1. Konsumsi makanan pembakar lemak

Mereka berkonsentrasi pada makanan lemak sehat seperti minyak zaitun, minyak kelapa, serta alpukat.

Lemak ini akan membantu menjaga metabolisme tetap tinggi, sehingga mereka tetap dalam mode pembakaran lemak sepanjang hari.

2. Rutin berolahraga

Kebanyakan kreator konten mukbang melakukan olahraga selama lebih dari satu jam, hal ini bisa menjadi alasan utama mereka tetap bugar bahkan setelah makan banyak.

Segala kalori yang masuk akan dibakar dengan berolahraga.

Sna, alias a.bite, mendapat penggemar dari seluruh dunia karena caranya menyajikan dan menyantap makanan, dan memiliki 6,2 juta pengikut di TikTok.A.BITE via BBC INDONESIA Sna, alias a.bite, mendapat penggemar dari seluruh dunia karena caranya menyajikan dan menyantap makanan, dan memiliki 6,2 juta pengikut di TikTok.

3. Minum banyak air putih

Sebelum berolahraga, mereka biasanya melakukan metode membersihkan tubuh setelah makan terlalu banyak.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com