Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan.

Semi Final Afrika, Amerika, Eropa

Kompas.com - 11/12/2022, 07:30 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

BABAK 16 besar Piala Dunia 2022 dengan sistem kalah langsung tersingkir antara timnas Afrika Maroko melawan timnas Eropa Portugal maupun antara sesama timnas Eropa, Perancis melawan Inggris cukup menarik karena baik Maroko dan Portugal maupun Perancis dan Inggris secara geofrafis sama-sama bertetangga dengan dipisahkan sebuah selat.

Pertarungan mereka juga menegangkan berdasar beberapa alasan.

Alasan pertama adalah Maroko merupakan satu-satunya timnas Afrika yang masih bertahan di babak 16 besar Piala Dunia 2022 akan ditentukan nasibnya oleh timnas Portugal konon tanpa sang legenda, Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiros.

Alasan ke dua bersifat andaikatamologis, jika Maroko dikalahkan oleh Portugal maka kemenangan Portugal dianggap wajar, namun kekalahan Maroko dianggap terhormat.

Sementara jika Maroko menang, maka dianggap suatu mujizat dan kekalahan Portugal dianggap sangat amat terlalu memalukan.

Alasan ke tiga adalah pertarungan Maroko versus Portugal bersuasana mati atau hidup sebab akan langsung menentukan siapa berhak lanjut melaju ke babak semi final Piala Dunia 2022.

Bagi Inggris, Perancis merupakan musuh bebuyutan termasuk dalam bidang sepakbola meski bagi Inggris tidak sebubuyutan Jerman.

Dalam hal juara dunia, Perancis yang sudah dua kali sedikit lebih unggul ketimbang Inggris yang baru sekali.

Timnas Perancis dan Inggris sama-sama memiliki pesebakbola generasi muda sakti mandraguna yang sangat bisa diandalkan.

Sepanjang sejarah saling berhadapan, Inggris 17 kali mengalahkan Perancis, 9 kali dikalahkan Perancis, dan 5 kali seri.

Pada Piala Dunia 2022, rekam prestasi Inggris lebih mulus ketimbang Perancis yang sempat dipecundangi oleh Tunisia.

Di atas kertas, Inggris lebih layak diunggulkan ketimbang Perancis, namun sayang oh sayang : di atas kertas tidak selalu sama dengan di atas lapangan hijau, apalagi di Qatar yang bertabur drama kejutan.

Akhirnya kenyataan membuktikan bahwa Maroko berhasil menaklukkan Portugal dengan skor 1-0 serta Perancis berjaya menundukkan Inggris dengan skor 2-1.

Berarti pada babak semi final Piala Dunia 2022, Maroko akan berhadapan dengan Perancis sementara Argentina akan berhadapan dengan Kroasia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com